Sampah Plastik Antartika Ungkap Skala Polusi Global

"limbah plastik dan bahan kimia beracun yang ditemukan di bagian terpencil Antartika tahun ini"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Kelompok lingkungan Greenpeace mengatakan, limbah plastik dan bahan kimia beracun yang ditemukan di bagian terpencil Antartika tahun ini menambah bukti bahwa polusi menyebar ke ujung Bumi.

Mikroplastik - potongan kecil plastik dari pemecahan segala sesuatu mulai dari tas belanja hingga ban mobil - terdeteksi di sembilan dari 17 sampel air yang dikumpulkan di semenanjung Antarktika oleh sebuah kapal Greenpeace pada awal 2018.

Dan tujuh dari sembilan sampel salju yang diambil di darat di Antartika menemukan bahan kimia yang dikenal sebagai PFA (zat beralkohol polyfluorinated), yang digunakan dalam produk industri dan dapat membahayakan satwa liar.

"Kita mungkin berpikir tentang Antartika sebagai padang gurun terpencil dan murni. Tapi dari polusi dan perubahan iklim hingga penangkapan ikan krill industri, jejak manusia sangat jelas. Hasil inii menunjukkan bahwa bahkan habitat yang paling terpencil di Antartika terkontaminasi dengan limbah mikroplastik dan bahan kimia berbahaya yang persisten," kata Frida Bengtsson dari kampanye Lindungi Antarktika Greenpeace.

Badan lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan polusi plastik telah dideteksi dari Arktik ke Antartika dan di tempat-tempat terpencil termasuk Palung Mariana, bagian terdalam dari lautan dunia di Pasifik.

Dilansir dari laman reuters, kurang dari 10, semua plastik yang pernah dibuat telah didaur ulang, dan pemerintah harus mempertimbangkan melarang atau membebani kantong penggunaan tunggal atau wadah makanan untuk membendung gelombang polusi.

Peneliti tahun lalu di University of Hull dan British Antarctic Survey menemukan tingkat mikroplastik di Antartika lima kali lebih tinggi daripada yang diperkirakan dengan hanya menghitung sumber lokal seperti stasiun penelitian dan kapal.

Itu berarti bahwa pencemaran melintasi Samudra Selatan, sering dianggap sebagai penghalang terhadap polusi buatan manusia. Para ... Baca halaman selanjutnya