Ingin Mudik dengan Kapal ASDP? Ini Harga Tiketnya

"biasanya ASDP akan mengoperasionalkan dua kapal penumpang yakni KM Ambu-Ambu dan KM Gambolo, dengan besaran tarif dari Pelabuhan Bungus Padang menuju Pelabuhan Tua pejat dikenakan tarif sebesar Rp120 ribu dengan lama perjalanan sekitar 12 jam"
Kapal ASDP (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Harga tiket kapal penyeberangan dari Padang menuju Kepulauan Mentawai atau sebaliknya dipastikan tidak mengalami kenaikan selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1439 Hijriah. "Sudah bisa dipastikan kami tidak akan menaikkan harga tiket, harga tiket masih tetap seperti biasa, " kata Nikcson Ambarita, Manajer Usaha dan Teknik PT. ASDP Indonesia Cabang Padang- Sumatera Barat di Padang, Jumat, (8/6).

Selain tidak menaikkan harga tiket, kata Nikcson pihaknya juga tidak menambah jadwal penyeberangan karena ketersediaan kursi yang ada sudah cukup memadai untuk mengangkut seluruh penumpang.

Menyinggung lonjakkan penumpang, Nikcson memperkirakan jumlah kenaikan penumpang pada tahun ini akan meningkat sekitar 10 hingga 20 persen dari hari-hari biasanya, sedangkan puncak arus mudik diperkirakan pada H-3 dan H-4 sementara untuk arus balik, nantinya diperkirakan pada H+4 dan H+6.

"Arus mudik nanti akan dipenuhi oleh PNS yang bertugas di Mentawai, dan juga masyarakat lainnya, tapi tahun ini cukup banyak pilihan, karena ada kapal perintis dan juga ada kapal cepat yang dikelola pihak swasta," ujar dia.

Kata Nikcson, biasanya ASDP akan mengoperasionalkan dua kapal penumpang yakni KM Ambu-Ambu dan KM Gambolo, dengan besaran tarif dari Pelabuhan Bungus Padang menuju Pelabuhan Tua pejat dikenakan tarif sebesar Rp120 ribu dengan lama perjalanan sekitar 12 jam. Sedang untuk rute pelayaran dari Padang menuju Sikabaluan Siberut Utara akan dikenakan tarif Rp125 ribu dengan lama pelayaran 11 jam. Untuk rute Padang menuju Pulau Sikakap dikenakan tarif sebesar Rp143 ribu per orangnya dengan lama pelayaran sekitar 12 jam.

Menurut Nikcson, pihaknya juga telah mempersiapkan segala sesuatu baik secara teknis maupun non teknis untuk memberikan fasilitas penyeberangan kepada masyarakat, antara lain dengan melakukan pemeriksaan kapal secara berkala setiap tahun, dan juga pemeriksaan ram check juga telah ... Baca halaman selanjutnya