Selama Lebaran, Pemkab Pessel Beri Kelonggaran Penggunaan Mobnas

"terkait aturan penggunaan kendaraan dinas, Pemkab tidak mengeluarkan acuan untuk melarang atau membolehkan ASN mempergunakan kendaraan dinas selama lebaran ini"
ilustrasi mobnas di Pessel (internet)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memberikan kelonggaran terhadap aparatur sipil negara (ASN) mempergunakan kendaraan selama lebaran. Sebab, dari sekian banyak ASN tidak semuanya memiliki kendaraan khusus untuk keperluan tertentu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pesisir Selatan, Erizon menyebutkan, terkait aturan penggunaan kendaraan dinas, Pemkab tidak mengeluarkan acuan untuk melarang atau membolehkan ASN mempergunakan kendaraan dinas selama lebaran ini.

Menurut Sekda, hal tersebut merupakan suatu yang makruh bagi ASN saat menggunakan. Sebab, untuk memiliki kendaraan pribadi, tidak setiap ASN punya, apalagi mobil.

"Dalam hal ini kami memakruhkan. Sebab, kami melarang tidak, membolehkan tidak. Jadi kami kembalikan ke masing-masing, jika iya memang dibutuhkan boleh dipakai," sebut Sekda Erizon pada KLIKPOSITIF.

Kendati tidak ada larangan, Sekda meminta ASN bisa mempertanggungjawabkan pengunaan kendaraan dinas dengan baik. Karena kendaraan dinas ditentukan pertanggungjawaban dalam aset negara.

"Kita maklumi juga, sebab itu salah satu kebanggaan mereka sebagai ASN (untuk bisa belebaran menggunakan kendaraan).Cuma kalau menggunakan kendaraan harus hati-hati," terang Sekda.

Sementara itu, sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menggunakan mobil dinas kantor guna keperluan pribadi selama mudik Lebaran.

Irwan menjelaskan aturan larangan pemakaian mobil dinas selama lebaran sudah ada dalam Pergub, bahkan sudah ada sejak zaman Gubernur Gamawan Fauzi. Dan belum ada perubahannya. Hal itu telah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 2 tahun 2009 tentang penggunaan kendaraan dinas.

Walau dilarang, namun ada pengecualian mobil dinas yang diperbolehkan kendaraan yang perlu siaga. Diantaranya, kendaraan lapangan Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Dinas Satpol PP ... Baca halaman selanjutnya