Rumah Dibedah, Lebaran Tilah Jadi Bergairah

" Alhamdulillah, Ramadan membawa berkah"
Rumah baru Tilah di Jorong ll, Nagari Sundata, Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman usai dibedah kader DPC PKB Pasaman (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Rumah peninggalan orang tua Tilah terlalu renta, tak mampu lagi melindungi tubuhnya, begitu juga untuk Murni sang suami, dan tiga orang anaknya.

Kini, rumah kenangan masa kecil itu telah rubuh. Tilah sedih. Namun, Bulan Ramadhan langsung melihatkan keagungannya. Rumah Tilah kini sudah diganti menjadi layak, kenangan baru yang manis hadir menyapa. Tahun ini, Tilah berlebaran di rumah baru.

Wajah Tilah tegar, namun tak mampu menutupi sabak berkaca-kacanya. Justru Murni yang terhisak-hisak. Ya, siang ini, beberapa orang kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjambangi rumah Tilah, di Jorong ll, Nagari Sundata, Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman.

"Tak pernah mimpi punya rumah pak. Membayangkan saja tidak bisa. Alhamdulillah, Ramadan membawa berkah. Makasih pak," hisak Murni sembari memeluk Ketua DPW PKB Sumbar, H Febby Datuk Bangso ketika datang meresmikan rumah itu, Senin 11 Juni 2018.

H Febby terlihat hangat menenangkan penyadap pohon getah ini. "Ini rejeki pak. Yang ngasih Allah, hanya saja mungkin melalui kami," ungkap H Febby.

Di luar rumah, Tilah berkisah, kalau dirinya sudah tinggal di rumah itu sejak 30 tahun silam. Dia sendiri tidak tahu kapan rumah itu dibangun, saking tuanya. Dimakan masa, rumah tak lagi layak.

"Lantainya sudah patah, dindingnya sudah roboh, atapnya bocor. Sudah tua, tahun dibuat tidak tahu, rumah dibuat ayah," ujar Tilah.

"Kini hati sudah senang, bersyukur, sudah dibedah rumah kami," tambahnya.

Rumah Tilah sudah diresmikan. Tilah, Murni, dan tiga buah hatinya tak risau lagi ketirisan. Tak lagi takut, sewaktu-waktu rumah roboh. Tilah pun tersenyum.

[Cecep Jambak]