Pagi Ini, Mentawai Diguncang Tiga Kali Gempa Bumi

"Gempa pertama terjadi pada pukul 06:08 WIB"
Sumber gempa Mentawai (BMKG)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kabupaten Kepulauan Mentawai diguncang tiga gempa Tektonik yang berkekuatan 5 Skala Richter. Gempa diketahui terjadi mulai pukul 6 pagi tadi.

Menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, gempa pertama terjadi pada pukul 06:08 WIB dengan kekuatan 5,9 SR. Titik gempa itu berada di 105 kilometer arah Barat Daya Kepualauan Mentawai, dan memiliki kedalaman 41 kilometer.

Gempa kedua atau gempa susulan terjadi pada pukul 06:46 WIB. Kekuatan gempa susulan ini lebih rendah ketimbang gempa yang pertama, yakni 5,5 SR.

Hanya saja titik gempa kedua ini cukup dangkal yakni di kedalaman 10 kilometer dan terletak di 102 kilometer arah Barat Daya Mentawai.

Selang 3 jam kemudian atau tepatnya pukul 09:07 WIB, Mentawai kembali diguncang gempa. Gempa susulan ketiga ini sedikit lebih besar dari gempa kedua yakni dengan kekuatan 5,6 SR.

Titik gempa yang ketiga ini berada berdekatan dengan gempa pertama dan kedua. Jika gempa pertama bersumber di 2.06 derajat Lintang Selatan dan, 98.61 derajat Bujur Timur serta yang kedua di 2.01 derajat Lintang Selatan dan 98,54 Bujur Timur, maka diketahui untuk gempa ketiga bersumber di 2.05 derajat Lintang Selatan, dan 98.57 derajat Bujur Timur.

Gempa ketiga ini juga merupakan gempa dangkal yang terletak di kedalaman 10 kilometer dan berada di 110 kilometer arah Barat Daya Mentawai.

Hingga kini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Barat belum menerima laporan kerusakan akibat guncangan gempa ini. Hanya saja, BPBD meminta masyarakat untuk tetap waspada.(*)