Dua Gempa Susulan Kembali Mengguncang Mentawai

Lokasi gempa yang mengguncang Mentawai
Lokasi gempa yang mengguncang Mentawai (BMKG)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kabupaten Kepulauan Mentawai , Sumatera Barat kembali diguncang gempa susulan sebanyak dua kali pada Rabu 13 Juni 2018 siang.

Menurut laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa susulan pertama di siang ini atau yang keempat dalam hari ini terjadi pukul 13:17 WIB.

baca juga: Kamis Pagi, Kawasan Aceh Diguncang Gempa

Gempa tersebut berkekuatan 3,4SR dan berpusat di 1.84 derajat Lintang Selatan dan 98.80 derajat Bujur Timur atau 48 kilometer Barat Daya Mentawai , dengan kedalaman 25 kilometer.

Baca Juga:  Ini Penjelasan BMKG Soal Tiga Gempa yang Mengguncang Mentawai

baca juga: Kapal Ditumpangi Rusak, Wagub Sumbar dan Rombongan Terkatung-katung di Sikakap Mentawai

Gempa kedua atau gempa kelima dalam hari ini terjadi di lokasi yang berdekatan dengan gempa yang mengguncang Mentawai pagi tadi.

Baca Juga:  Pagi Ini, Mentawai Diguncang Tiga Kali Gempa Bumi

baca juga: Rumah Sakit Yang Akan Dijadikan Rujukan COVID-19 di Mentawai Rusak Parah

Gempa tersebut terjadi pukul 13:59 WIB dengan kekuatan 5,6SR. Pusat gempa berada di 1.97 derajat Lintang Selatan dan,98.60 derajat Bujur Timur atau 107 kilometer Barat Daya Mentawai , serta dengan kedalaman 11 kilometer.

Data tersebut kemudian menjelaskan bahwa dua gempa susulan tersebut merupakan gempa dangkal, namun kendati begitu hingga kini pihak BPBD tidak menemukan adanya kerusakan fasilitas masyarakat di Kepulauan Mentawai .(*)

baca juga: Update COVID-19 Sumbar per 2 Juni, Berikut Rincian 7 Penambahan Positif dan 5 Sembuh

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa