Intip Tradisi Malamang yang Tetap Bertahan di Pessel Saat Menyambut Lebaran

"Di Kambang atau di Pesisir Selatan sendiri Malamang adalah memasak lemang yang merupakan salah satu penganan khas di Sumbar"

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Warga Kampung Ganting Kubang, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Sutera, Kebupaten Pesisir Selatan mulai Malamang atau memasak lemang tanda masuk 1 Syawal dan tanda Ramadan 1439 Hijriah akan segera berakhir, 13 Rabu Juni 2018.

Pantauan KLIKPOSITIF, aktivitas warga di Kampung Ganting Kubang mulai sibuk sejak usai subuh. Sejumlah warga mempersiapkan bahan-bahan untuk memasak lemang untuk bekal lebaran, meski Ramadan tinggal sehari lagi.

Bagi warga Ganting Kubang, Malamang jelang lebaran bukan suatu hal yang luar biasa lagi. Sebab, setiap kali memasuki lebaran Idul Fitri atau hari-hari besar seperti Maulud Nabi, Idul Adha tradisi Malamang akan selalu mewarnai aktivitas masyarakat dalam menyambut hari-hari suci ini.

Di Kambang atau di Pesisir Selatan sendiri Malamang adalah memasak lemang yang merupakan salah satu penganan khas di Sumbar. Terbuat dari beras ketan, baik ketang putih maupun hitam diberi adonan santan kelapa dan garam yang memiliki cita rasa yang enak lembut saat disantap.

Sebelum dimasakan, adonan lembang di masukan ke dalam bambu, masing-masingnya dialasi daun pisang ada juga yang tidak. Kemudian bambu yang sediakan, diisi ke dalam bambu dimasakan menggunakan bara api yang dijajarkan disamping bara api.

Kegiatan malamang di Ganting Kubang sendiri, dilakukan per kepala keluarga, tidak bergotong royong. Namun, tampak rata untuk setiap rumah.

Menurut Dede (45), warga setempat menyebut, tradisi malamang sudah merupakan tradisi leluhur orang Pesisir Selatan atau Gating Kubang sejak dahulu. Tidak ada yang istimewa, Lemang sendiri setelah masak guna untuk penjamu para tamu yang datang ke rumah.

"Bisa diakatakan setiap ada hari besar Islam, gunanya ya untuk makan keluarga. Serta untuk hidangan tamu yang datang ke rumah, seperti yang sudah dilakukan nenek-nenek kita dahulu,"jelasnya.

Kata Dede, Melamang yang dilakukan ketika itu, memang dimasakan secukupnya ... Baca halaman selanjutnya