Minggu Terakhir Puasa, Pengunjung Pasa Rabaa Koto Kaciek Maninjau Membludak

"Sejak pagi pasar tradisional yang hari pasarnya hari Rabu (Rabaa) tersebut sudah dipenuhi pengunjung"
Keramaian di Pasa Rabaa Kenagarian Koto Kaciek Maninjau (KLIKPOSITIF)

MANINJAU, KLIKPOSITIF - Minggu terakhir bulan puasa kebutuhan untuk lebaran semakin mendesak, sehingga tempat perbelanjaan penuh sesak dikunjungi. Seperti terpantau di Pasa Rabaa Kenagarian Koto Kaciek, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Sejak pagi pasar tradisional yang hari pasarnya hari Rabu (Rabaa) tersebut sudah dipenuhi pengunjung sehingga lalu lalang becak motor yang menjadi transportasi masyarakat di daerah tersebut menjadi tonton tersendiri. Didalam pasar, pengunjung terpantau berdesak-desakan sambil memburu barang belanjaan.

Terpantau berbagai barang di jual di Pasar tersebut. Namun barang kebutuhan lebaran seperti sepatu, baju, celana dan perlengkapan salat menjadi serbuan ibu-ibu rumah tangga di pasar rang Koto Kaciek itu.

Salah seorang pengunjung yang di temui di Pasa Rabaa Nurhayanis (62) mengatakan, keramaian pasar tidak seperti hari pasar sebelumnya. Menurutnya karena hari ini merupakan pasar terakhir menjelang lebaran, jadi pengunjung ingin membeli perlengkapan lebih sama seperti dirinya. "Rencana mau beli baju dan perlengkapan shalat untuk idul fitri," katanya, Rabu, 13 Juni 2018.

Berbeda dengan Nurhayanis, Leni (34) malah mencari perlengkapan memasak untuk lebaran. Tujuannya Los daging untuk bahan randang saat lebaran. "Mau beli daging untuk randang untuk persiapan lebaran," tuturnya.

Menu randang menjadi sangat penting saat hari raya dalam menyambut sanak famili yang pulang kampung. Kemudian randang juga tidak mudah basi dalam jangka waktu yang lama. "Walaupun berdesak-desakan yang penting barang belanjaan kita dapat," tukasnya.

 [Joni Abdul Kasir]