Hindari Jalur Padat Pasar Lubuk Sikaping, Pemudik Bisa Lewati Jalur Alternatif

"Untuk mengkases jalan bypass ini pemudik dari arah Medan bisa mengambil jalur kiri saat di simpang tiga setelah SPBU Sawah Panjang Lubuk Sikaping"
jalanan di Pasar Lubuk Sikaping yang dipadati kendaraan (KLIKPOSITIF/ Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF –Jumlah kendaraan di sepanjang jalur pasar lama Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman mulai meningkat. Padatnya jumlah kendaraan ini disebakan pemudik yang kian bertambah. Selain itu hari ini merupakan hari terakhir pasar di Lubuk Sikaping sebelum lebaran.

Pantauan KLIKPOSITIF, Kamis 14 Juni 2018 kondisi jalan raya di depan pasar lama Lubuk Sikaping mulai terlihat macet. Para pemudik juga terlibat antrean untuk melalui jalan tersebut, baik dari arah Bukittinggi maupun dari arah sebaliknya.

Untuk menghindari rute pasar ini, Kanit Turjawali Satlantas Polres Pasaman, Ipda. Yeni Brando mengimbau para pemudik baik dari arah Bukittinggi maupun dari arah Medan bisa menempuh jalur alternatif di bypass.

Dengan melewati jalur bypass ini pemudik bisa terhindar dari pusat keramaian yang bisa menimbulkan kemacetan. Untuk mengkases jalan bypass ini pemudik dari arah Medan bisa mengambil jalur kiri saat di simpang tiga setelah SPBU Sawah Panjang Lubuk Sikaping.

"Sementara pemudik dari arah Bukittinggi dianjurkan belok kanan simpang tiga setelah kantor Polsek Lubuk Sikaping" ujar Brando.

Padatnya jalur melewati Pasar Lubuk Sikaping ini juga disebabkan jumlah pengunjung pasar lama Lubuk Sikaping yang meningkat dan sejumlah pedagang yang berjualan di pinggir jalan. Selain itu, kendaraan roda dua juga diparkir di pinggir jalan.

Burhan, seorang pemudik dari Medan, mengaku tidak tahu adanya jalan alternatif sehingga terpaksa melewati jalan menembus pasar. Dia sempat terperangkap macet, namun tidak lama, karena pihak kepolisian ada di jalan mengatur lalulintas.

"Macet hanya sebentar karena aktivtias pasar," ujar Burhan yang ingin mudik ke Solok Selatan.

 

Man St Pambangun