Tiga Hari Warga di Lubuk Sikaping Kesulitan Air, Dirut PDAM: Saya Tanya Dulu

"hingga H-1 lebaran, aliran air ke rumah warga di Tanjung Alai dan Tanjung Beringin, Kecamatan Lubuk Sikaping, tidak juga kunjung hidup"
Ilustrasi (Net)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Sejak tiga hari menjelang lebaran Idul Fitri 2018 di sejumlah jorong di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, Sumbar aliran air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) mati.

Bahkan hingga H-1 lebaran, aliran air ke rumah warga di Tanjung Alai dan Tanjung Beringin, Kecamatan Lubuk Sikaping, tidak juga kunjung hidup. Tidak tau persis apa penyebab air milik perusahaan pemerintah daerah ini mati total.

Salah seorang ibu rumah tangga, At mengatakan disaat warga dan perantau membutuhkan air minum dan mencuci. Saat itu pula air PDAM mati.

"Sudah tiga hari air ke rumah kami siang hari mati total, jangankan untuk mencuci, untuk mandi saja tidak ada" ujar At pada KLIKPOSITIF, Kamis 14 Juni 2018.

Kadang air PDAM baru hidup dengan tekanan yang rendah pada malam harinya. Itupun hanya sebentar saja. Tidak penuh bak kamar mandi, aliran air sudah mati kembali.

Keluhan air mati juga disampaikan di group whatsapp. Netizen mengeluhkan air PDAM tidak kunjung hidup, sehingga untuk berwuduk saja tidak ada air.

Direktur PDAM Pasaman, Musrwal Gusti ketika dikonfirmasi mengatakan matinya aliran air diduga adanya penyumbatan pada pipa air. Sehingga sebagian rumah warga tidak dimasuki air PDAM. Kemudian bisa juga penyebabnya karena tingginga volume pemakaian air menjelang lebaran ini.

"Namun kepastian penyebabnya, biar saya tanya dulu anggota yang piket hari ini. Anggota akan kita suruh turun ke lapangan untuk memperbaikinya," ujar Musrawal Gusti.

Namun ia juga heran, kenapa air PDAM bisa mati di daerah Tanjung Beringin. Sebab, sangat jarang sekali ada penyumbatan di lokasi tersebut. Apalagi sumber air dekat dari lokasi tersebut.

"Ya benar, air untuk Tanjung Beringin itu asalnya dari Bulakan. Jarang sekali penyumbatan. Namun harus kita pastikan dahulu. Kita berharap konsumen bersabar. anggota kita sudah turun ke lapangan untuk mencari penyebabnya dan untuk diperbaiki" ... Baca halaman selanjutnya