Pohon Tumbang Timpa Enam Rumah di Pessel

"pohon yang menimpa enam unit rumah tersebut, diantaranya pohon jengkol, mangga dan pohon manggis"
pohon tumbang timpa rumah warga (KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Enam unit rumah di Kampung Pasar, Nagari Berung-berung Belantai (Berlan), Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan rusak akibat tertimpa pohon tumbang, Kamis 14 Juni 2018.

Informasi yang didapat KLIKPOSITIF, pohon tumbang di Kampung Pasar ini dipicu akibat angin kencang dan hujan deras yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Sedikitnya, dua rumah mengalami rusak berat dan empat lainnya mengalami rusak ringan.

"Yang rusak berat ada dua rumah, yang empat rumah lainnya rusak ringan. Untuk sementara ini, semua keluarga masih bisa tinggal dirumah seusai di bantu warga," sebut Kepala Kampung Berlan, Irwando pada KLIKPOSITIF.

Menurut Irwando, pohon yang menimpa enam unit rumah tersebut, diantaranya pohon jengkol, mangga dan pohon manggis. Semua pohon tumbang karena diterjang angin kencang dan sampai tertimpa ke rumah warga.

"Semuanya tumbang dengan waktu bersamaan, ada sebagian rumah yang ditimpa dahannya. Dan yang terparah tertimpah batangnya sudah dibantu warga untuk membersihkan,"jelasnya.

Lanjut Irwando, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian mencapai puluhan juta.

"Untuk kerugian warga ini, kami dari perangkat kampung bersama nagari akan mengupayakan ke BPBD. Supaya, sedikit banyaknya bencana alam yang menimpa warga bisa terbantu," terangnya.

Berikut nama-nama keluarga yang tertimpa pohon tumbang di Kampung Pasar:

1. Edi Tasar 35 tahun dengan kerugian sekitar Rp 3 juta
2. Yulidar 55 tahun kerugian sekitar Rp 5 juta
3. Yus Ama 70 tahun kerugian sekitar Rp 200 ribu
4. Edison 65 tahun kerugian sekitar Rp 350 ribu
5. Apri 64 tahun kerugian sekitar Rp300 ribu
6. Edi 60 tahun kerugian sekitar Rp500 ribu. (Kiki Julnasri)