Pagelaran Sumarak Syawal, T-IB Padang Batal Tampil

"Batalnya penampilan teater ini karena ada kesalahpahaman dengan pihak Dinas Pariwisata Sumbar"
Latihan kelompok Teater Iman Bonjol Padang (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Teater Iman Bonjol (T-IB) Padang yang seharusnya tampil mengisi acara dalam pergelaran Sumarak Syawal nanti malam 20.00 WIB memutuskan batal tampil.

Batalnya unit kegiatan mahasiswa (UKM) dari UIN Iman Bonjol Padang tersebut karena terjadi kesalahpahaman dengan salah seorang kabid di Dinas Pariwisata (Dispar) Sumbar.

Ketua Teater Iman Bonjol Padang Okky Syahputra menjelaskan, persoalan ini memuncak saat gladi resik (GR) di panggung halaman Kantor Gubernur Sumbar yang menjadi titik acara.

Saat itu ada beberapa sound dan mic yang tidak hidup sehingga bunyi tidak utuh, kemudian salah seorang pejabat di Dinas Pariwisata Sumbar memarahi kru teater. Padahal sebelumnya dari pihak teater sudah menyampaikan hal itu kepada panitia yang ada di panggung.

"Kami masih punya harga diri, kami dimarahi di depan umum padahal kesalahan bukan dari kami. Ini bukan kali pertama kami diintervensi, sejak dari awal kegiatan latihan. Puncaknya ya kemarin," jelasnya, Kamis 14 Juni 2018.

Ia juga mengatakan, Pihak Dinas Pariwisata Sumbar juga telah menambah pementasan tanpa ada pembicaraan sebelumnya. Padahal teater sudah lebih dari dua bulan melakukan latihan siang dan malam.

"Ada penambahan seharusnya jauh-jauh hari, Ini ada penambahan kami diminta menyesuaikan. Ketika ada bunyi sumbang ulah sound dan mic malah kami yang dimaki-makinya," ujar Okky.

Dilanjutkannya, Teater Iman Bonjol awalnya akan mengisi dua kegiatan yakni musikalisasi berjudul "Muhammad" dan pementasan Sosial Keagamaan. "Naskah sudah, Latihan sudah, bahkan kami berikan puisi untuk dibacakan oleh Gubernur, Wakil Gubernur dan Pjs Walikota Padang untuk ditampilkan dalam kegiatan tersebut. Bahkan kami juga bersedia mendampingi kepada daerah menghayati puisi sebelum tampil," sebutnya.

Pembina Teater Iman Bonjol Padang Firdaus Diezo menjelaskan, T-IB sudah berkali-kali mewakili Sumbar untuk Peksiminas sehingga ... Baca halaman selanjutnya