Malam Takbiran, PHBI Berlan Pessel Gelar Lomba Pawai Obor

"Lomba ini diikuti 350 perserta dari 30 TPAQ/TPSQ di Berlan"
Suasana lomba pawai obor di Berlan Pessel (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Ratusan orang dari TPAQ/TPSQ Nagari Berung-berung Balantai (Berlan), Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan mengikuti lomba pawai obor massal dalam menyemarakan malam takbiran, Kamis 14 Juni 2018.

Pegelaran takbiran massal ini dilaksanakan PHBI Berlan melalui anggaran dana desa nagari setempat, yang diikuti 350 perserta dari 30 TPAQ/TPSQ di Berlan.

"Setiap tahunnya pemerintah nagari menganggarkan dana desa untuk menyambut hari kemenangan umat Islam ini (malam Idulfitri). Dilaksanakan PBHI, seluruh TPAQ/TPSQ ikut menyemarakan malam ini," sebut Kasi Kemasyarakatan Nagari Berlan, Erich Astrawinata pada KLIKPOSITIF.

Menurut Erich, penilaian pawai obor ini dilihat dari kesiapan para peserta pawai obor malam takbiran. Diantaranya, memperlihatkan kekompakan masing-masing kelompok dalam menggemakan takbir dan memiliki tampilan yang serasi saat pawai.

"Penilaian perlombaan diatur sediri oleh PBHI Berlan. Nanti, hadiahnya akan diumumkan langsung setelah pawai dilaksanakan berkaitan dengan lomba MTQ di Berlan," terangnya.

Kegiatan puncak pawai obor massal rencananya dilangsungkan pukul 23.30 WIB. Sluruh peserta akan mengikuti arak-arakan dengan mengunnakan kendaraan odong-odong serta berjalan kaki dari halaman Masjid Raya Nurul Ulum Pasar Belan sampai mengililingi Kampung Pasar Berlan.

[Kiki Julnasri]