Melihat Semaraknya Malam Takbiran di Pasaman

"Ribuan masyarakat Kabupaten Pasaman turun ke jalan mambawa obor menyambut hari raya Idulfitri "
Suasana malam takbiran di Pasaman (KLIKPOSITIF/Yulisman)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Ribuan masyarakat Kabupaten Pasaman turun ke jalan mambawa obor menyambut hari raya Idulfitri 1439 Hijriah. Hampir di seluruh kecamatan yang ada di Pasaman warga mengumandangkan takbir sambil membawa obor.

Hal ini sudah menjadi tradisi masyarakat di Kabupaten Pasaman menyemarakkan hari raya Idulfitri setiap tahunnya. Informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF, di panjang jalan raya di Kecamatan Rao kemacetan tidak dapat dielakkan ribuan masyarakat tumpah ke jalan raya.

Ada yang menggunakan sepada motor, mobil dan berjalan kaki membawa obor. Semuanya mengumandangkan takbir. 

"Ya, benar-benar macet dan tumpah ruah warga di Kecamatan Rao ke jalan, menyemarakkan hari raya Idulfitri. Ini membuat kemacetan tidak bisa dielakkan," ujar Yong Marzuahaili pada KLIKPOSITIF, Kamis malam.

Hal yang sama juga terjadi di Nagari Simpang Tonang Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman yang berbatasan dengan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Ribuan masyarakat setempat turun ke jalan membawa obor sambil mengumandangkan takbir, walau mereka hanya fokus ke lapangan sepakbola.

Tidak ketinggalan di pusat ibu kota Kabupaten Pasaman tepatnya di Lubuk Sikaping, para pemuda Ikatan Remaja Mesjid Tanjung Alai Nagari Pauh juga turun ke jalan. Mereka start dari depan Masjid Tanjung Alai menuju Jalan Sudirman dan keliling Kota Lubuk Sikaping membawa obor.

Pemuda Tanjung Alai ini takbir keliling dengan jalan kaki sambil membawa obor dengan tertib. Mereka mengumandangkan takbir selama dalam perjalanan.

Alunan merdu takbir juga menggema dari berbagai masjid maupun mushola di kampung-kampung. Suara takbir dikumandangkan anak-anak maupun orang dewasa.

[Man St Pambangun]