Serunya Pacu Rakit di Nagari Kamang Ilia Agam

"Panjang lintasan, diperkirakan mencapai 200 meter"
Pacu rakit di tepian Batang Agam Jorong Bancah, Senin (18/06/2018) (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM,KLIKPOSITIF -- Lebih seribu warga berkumpul di tepian Batang Agam yang berada di Jorong Bancah, Nagari Kamang Ilia, Kecamatan Kamang Magek, Agam-Sumbar, Senin 18 Juni 2018.

Warga berkumpul menyaksikan serunya Pacu Rakit. Lomba ini sangat jarang diadakan di kawasan ini sehingga menarik minat warga untuk berbondong-bondong menyaksikan perlombaan tersebut.

Wali Nagari Kamang Ilia Khudri menyebut, peserta lomba merupakan perwakilan dari tiap Jorong yang ada di Nagari Kamang Ilia.

Rakit yang digunakan, terbuat dari potongan bambu yang kemudian dikayuh secepat mungkin menggunakan pendayung. Satu rakit, diisi dua peserta. Sementara, dalam satu balapan, ada tiga rakit yang berpacu membelah Batang Agam hingga garis finish. Panjang lintasan, diperkirakan mencapai 200 meter.

Karena pesertanya kebanyakan masih amatir, tentu saja sulit mengendalikan laju dari rakit. Terlebih lagi lokasi finishnya ke arah hulu Batang Agam yang menuntut peserta mengeluarkan tenaga ekstra, karena mereka mesti berjuang menantang arus.

Tak jarang, rakit-rakit itu bertabrakan satu sama lain sehingga mengundang gelak tawa dari warga.

"Tujuan kita, tentu saja dalam momen Lebaran ini untuk meningkatkan silaturahmi antara perantau dan warga lokal. Ada sebanyak 500-an perantau kita yang pulang," jelas Khudri.

Khudri juga menyebut, acara ini juga bertujuan untuk peringatan Perang Kamang yang ke 110.

Acara yang dimulai sejak pagi hingga siang ini, berlangsung sangat meriah.

[Hatta Rizal]