Pasokan Ikan Anjlok, Ekspor Ikan Pasbar ke Luar Negeri Berkurang

Pasokan Ikan Anjlok, Ekspor Ikan Pasbar ke Luar Negeri Berkurang
Pasokan Ikan Anjlok, Ekspor Ikan Pasbar ke Luar Negeri Berkurang (http://www.tanjungpinangpos.co.id/)

KLIKPOSITIF - Pengiriman ikan dari Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) ke Malasyia dan Riau berkurang sejak dua minggu terakhir karena kurangnya tangkapan. Hal itu terbukti dari hasil tangkapan nelayan yang dibongkar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Pasaman Barat.

Kepala TPI Sasak Ranah Pasisie, Asnil mengatakan hasil tangkapan nelayan Sasak Ranah Pasisie Mei 2016 ‎sebanyak 77 ton, dari jumlah itu 60 persen dikirim ke Malaysia dan Dumai. "Sedangkan 40 persen lagi untuk kebutuhan masyarakat Sumatera Barat" ujar Asnil.

Sementara bulan Juni ini, hasil tangkapan nelayan yang dibongkar di TPI Sasak Ranah Pasisie baru sekitar 7 ton ikan. "Harusnya dari tanggal 1 Juni- 9 Juni ‎2016 tangkapan nelayan sudah mencapai 35 ton ikan," tuturnya.

Baca Juga

Dijelaskan Asnil, saat ini kapal yang membawa ikan ke TPI Sasak dalam dua minggu baru tiga unit kapal. Jumlah ikan yang dibongkar dalam satu kapal hanya 200 kg. "Kalau normalnya satu unit kapal itu mambawa hasil tangkapan ikan sebnyak 4 ton," ujarnya.

"Biasanya, dua sampai tiga unit kapal membawa ikan dan dibongkar di TPI Sasak, namun kini sudah dua minggu baru tiga unit kapal yang bawa ikan," sebutnya.

Menurutnya, penyebab berkurangnya hasil tangkapan ikan karena cuaca buruk, gelombang dan badai yang besar. Akibatnya tangkapan berkurang sehingga banyak nelayan yang tidak berani melaut.

Selain itu, harga ikan di TPI sedang mengalami kenaikan namun tidak signifikan. Kenaikan itu seperti Ikan Sisik Rp20 ribu/kg naik Rp23 ribu, Ikan Tenggiri Rp45 ribu/kg naik Rp47 ribu/kg dan ikan tongkol Rp10 ribu/kg naik menjadi Rp14 ribu/kg.‎ Rata-rata harga ikan di TPI hanya naik Rp3 ribu perkilogram.‎‎

"Fenomena ini sudah berlangsung selama dua minggu lebih. Semoga minggu depan cuaca sudah baik, dan nelayan kembali melaut mencari ikan" ujarnya. ‎

[Man St Pambangun]

Video

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Fitria Marlina