Banjir Kembali Menggenangi Ranah Ampek Hulu Pesisir Selatan

"Genangan banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Pesisir Selatan hari ini"
Banjir di Ranah Ampek Hulu, Tapan (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Banjir kembali menggenangi pemukiman warga Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin 18 Juni 2018. Hal ini kemudian membuat aktifitas masyarakat terganggu.

Genangan banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Pesisir Selatan hari ini. Diketahui, kawasan tersebut selali menjadi langganan banjir.

"Kondisi ini sama dengan Ramadan lalu," kata salah seorang warga, Almirizon yang melaporkan peristiwa tersebut pada KLIKPOSITIF.

Baca Juga: Rendaman Air Landa Dua Nagari di Pessel, Aktivitas Ramadan Warga Terganggu

Air diketahui telah menggenangi puluhan rumah warga pada pukul 17:00 WIB. Menurut Almirizon ketinggian air saat itu berkisar antara 60 hingga 80 centimeter. Namun pukul 20:00 WIB kembali surut.

"Banjir menggenangi sejumlah sarana umum, seperti kantor camat, sekolah hingga tempat ibadah," sebut dia.

Ia memaparkan, banjir sebelumnya juga menggenangi kawasan itu pada Senin 23 April 2018 dan Minggu 27 Mei 2018 lalu. Dengan begitu, Almirizon berharap agar pemerintah segera bertindak.

"Semoga, yang sekian kalinya ini bisa menjadi perhatian Pemerintah Daerah. Normalisasi Sungai Batang Tapan di Nagari Binjai Tapan sudah sangat mendesak," pungkasnya kemudian.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak Badan Penanggulangan Bencana setempat belum merespon peristiwa ini.

[Kiki Julnasri Priatama]