H+4 Lebaran, Arus Balik Via BIM Meningkat 23 Persen

" Dari informasi anggota di lapangan, juga ada ratusan kendaraan pribadi yang berasal dari perantau Sandiang Baka dan Lintau yang ke luar dari Sumbar menuju arah Riau,"

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar memantau bahwa kenaikan arus balik hingga H+4 Lebaran 2018 melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM), sudah menunjukkan pergerakkan yang siginifikan. Bahkan dari pantauan petugas di lapangan, peningkatan arus balik melalui BIM mencapai meningkat 23 persen di bandingkan hari-hari sebelumnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, Amran mengatakan, selain arus balik sudah mulai meningkat melalui jalur penerbangan dari BIM ke bandara tujuan para perantau, peningkatan arus balik juga terpantau melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun, pihaknya belum bisa mempersentasikan berapa jumlah peningkatan tersebut.

"Kami belum bisa pastikan persentasinya berapa, tapi yang jelas peningkatannya cukup tinggi dan itu terpantau dari plat kendaraan yang ke luar dari Sumbar. Dari informasi anggota di lapangan, juga ada ratusan kendaraan pribadi yang berasal dari perantau Sandiang Baka dan Lintau yang ke luar dari Sumbar menuju arah Riau," kata Amran, Selasa, 19 Juni 2018) malam.

Sementara itu, terkait dengan kendaraan umum, hingga kini belum ada pergerakkan ke luar dari Sumbar. Menurut Amran, kemungkinan itu disebabkan karena angkutan umum tidak jadi pilihan bagi perantau untuk balik mudik.

Kendati begitu, pihaknya memprediksi bahwa pergerakkan arus balik menggunakan operator kendaraan umum akan meningkat setelah H+7 lebaran, karena liburan lebaran kali ini bertepatan dengan moment libur akhir semester.

"Menurut saya, moment lebaran yang bertepatan dengan libur sekolah ini banyak dimanfaatkan oleh perantau yang anak-anaknya sedang libur sekolah, dan mereka menambah jadwal liburnya hingga menjelang tahun ... Baca halaman selanjutnya