24 Orang Meninggal di Jalan Lintas Sumbar Selama Libur Lebaran

"jumlah kecelakaan lalu lintas selama libur lebaran menurun hingga angka 30 persen"
Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kecelakaan lalu lintas di Sumatera Barat selama libur Lebaran berkurang sebanyak 30 persen dibanding tahun 2017 lalu. Setidaknya, dilaporkan sekitar 24 orang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut.

"Hingga saat ini jumlah kecelakaan lalu lintas selama libur lebaran menurun hingga angka 30 persen dan kami harap tidak naik lagi," ujar Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata saat dihubungi KLIKPOSITIF, Kamis 21 Juni 2018.

Dia mengatakan, bahwa jumlah kecelakaan lalu lintas di Sumatera Barat pada tahun 2017 lalu mencapai angka 153 kejadian. "Jumlah kejadian itu mencapai angka 107 kecelakaan lalu lintas dan itu jauh berkurang dibanding tahun lalu," lanjutnya.

Dia mengatakan, dari jumlah kejadian tersebut, pihaknya mencatat sebanyak 24 orang meninggal dunia. "Korban yang meninggal dunia juga berkurang dibanding tahun lalu yang berjumlah 41 orang," lanjutnya.

Tidak hanya itu, korban yang mengalami luka berat juga menurun dibanding tahun lalu. Di tahun 2017, korban mengalami luka berat sebanyak 53 orang dan menurun angkanya di 2018 dengan 11 orang korban mengalami luka berat.

Dari data yang dihimpun KLIKPOSITIF, beberapa kecelakaan maut yang terjadi selama libur lebaran terjadi di Kota Padang yakni, di Jalan Padang-Pesisir Selatan. Pada kejadian tersebut, dua orang korban meninggal dunia dan delapan orang korban lainnya mengalami luka ringan.

Di daerah lainnya juga ada kecelakaan maut yang merenggut nyawa pengendara di Kabupaten Pasaman yang mengakibatkan seorang anak meninggal dunia.

[Halbert Caniago]