45 ASN Pemko Solok Absen di Hari Pertama Kerja Usai Lebaran

"Sebanyak 45 orang tersebut tidak hadir tanpa keterangan apapun"
Suasana Halal Bi Halal di Pemko Solok (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

KOTA SOLOK, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 45 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Solok absen di hari pertama kerja usai cuti bersama Lebaran 2018.

Sebanyak 45 orang tersebut tidak hadir tanpa keterangan apapun pada Kamis 21 Juni 2018.

Walikota Solok, Zul Elfian mengatakan seluruh ASN yang tidak hadir tanpa keterangan yang jelas di hari pertama ini akan mendapatkan sanksi tegas sesuai dengan aturan pemerintah.

"Sanksi bisa saja dalam bentuk teguran dan lainnya sesuai dengan aturan yang berlaku tentang disiplin pegawai, kita tidak mentolerir pegawai yang indisipliner," katanya.

Menurut dia, ASN tidak boleh lagi menambah masa libur lebaran yang terbilang cukup panjang yakni 10 hari. Pasalnya, pekerjaan di kantor masing-masing instansi adalah amanah.

"Jangan hanya disiplin saat ibadah di bulan Ramadan, tapi kembali kendor ketika sudah diluar Ramadan," sebut Zul Elfian.

Laporan kehadiran ASN usai cuti lebaran ini akan disampaikan langsung ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refornasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur.

Pemantauan dan evaluasi kehadiran ASN tersebut sesuai dengan surat Nomor: B/18/M.SM.00.01/2018 yang diterbitkan Menpan RB pada tanggal 7 Juni 2018 lalu.

Surat tersebut ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala LPNK, Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Non Struktural, para gubernur, serta para bupati/wali kota.

[Syafriadi]