Kelompok Wisata Ini Tangkap Ikan Besar Tercepat Dunia di Pulau Sirandah

"Kecepatan ikan ini bisa mencapai 110 kilometer per jam untuk jarak yang dekat"
Kelompok wisata Rindu Pulau bersama ikan Layaran hasil tangkapan (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kelompok wisata Rindu Pulau menangkap seekor ikan Layaran alias Marlin besar sepanjang 3 meter saat memancing di Pulau Sirandah, Kota Padang beberapa hari yang lalu.

Ukuran ikan Layaran yang berhasil ditangkap oleh 6 orang pemacing kelompok Rindu Pulau terbilang cukup besar, pasalnya salah seorang anggota kelompok, Febriandi mengaku, belum ada nelayan setempat yang berhasil mendapatkan ikan Layaran sebesar itu.

"Ikan ini sudah sering tertangkap oleh nelayan setempat, namun untuk mendapatkan yang sebesar ini belum ada karena memang sulit ditemukan," katanya pada KLIKPOSITIF. Menurutnya, ikan dengan nama latin Istiophorus Platypterus itu jadi peburuan pemancing.

Untuk mendapatkan ikan yang masih keluarga Marlin ini bukan perkara mudah, kadang hanya faktor keberuntungan saja. Apalagi, kata dia, ia dan lima orang temannya itu tidak menggunakan teknik khusus untuk menangkap ikan seberat 80 kilogram tersebut.

"Kami membutuhkan waktu satu setengah jam untuk mengangkat ikan ini dari dalam laut ke permukaan. Harus hati-hati supaya ikannya tidak kabur," sebut Andi.

Kesulitan untuk mendapatkan ikan itu karena faktor kedalaman air tempat hidupnya Marlin. "Biasanya mereka hidup di antara dasar dan permukaan laut. Jika laut itu dalamnnya 80 meter, maka ikan Layaran ada di antara kedalaman 30 hingga 40 meter," ungkap dia.

Ikan Layaran sendiri dikenal dengan ikan tercepat di dunia. Dikutip dari Wikipedia, kecepatan ikan ini bisa mencapai 110 kilometer per jam untuk jarak yang dekat.

Ikan dengan genus Istiophorus ini memiliki punggung tegak yang mirip dengan layar kapal. Ciri penting lainnya adalah moncong yang memanjang dan biasa hidup di perairan hangat Samudera Hindia.

Sirip pada punggungnya biasanya terlipat saat berenang, namun bisa naik apabila ikan layaran merasa terancam atau sedang bersemangat, membuatnya terlihat lebih besar daripada ukuran ... Baca halaman selanjutnya