Mau Tahu Tugas Pertama Pj Gubernur Sumut ? Ternyata Mendagri Minta Hal Ini

"tolong tinjau dan beri dukungan kepada aparat dan petugas yang sedang mencari korban'. Bantu pencarian korban. Semoga masih ada yang selamat"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- "Besok pagi, tugas utama Penjabat Gubernur datang ke Samosir (Danau Toba)," begitu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memerintahkan Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubernur Sumut) Eko Subowo yang baru dilantiknya di Medan, Sumut, Jumat (22/6).

Perintah itu diungkapkan Tjahjo saat memberi sambutan usai prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kelar. "Tolong tinjau dan beri dukungan kepada aparat dan petugas yang sedang mencari korban'. Bantu pencarian korban. Semoga masih ada yang selamat," kata Tjahjo.

Ia juga minta Pj Gubernur Sumut segera mendatangi Kapolda dan Pangdam. Berikan bantuan yang perlu didukung. Terutama dalam menjamin stabilitas keamanan di Sumut saat tahapan Pilkada. Dan, Tjahjo juga mengingatkan, agar Pj Gubernur Sumut bisa menjamin netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Tindak tegas jika dan SKPD atau ASN yang tak netral dalam Pilkada.

" Kalau ada SKPD yang tak netral. Ganti, usulkan ke Mendagri. Pers juga harus ikut memonitor. Pak Eko sudah pengalaman. Dia Dirjen Adwil. Pernah jadi Penjabat Papua Barat," katanya.

Tjahjo juga mengingatkan tugas seorang Pj Gubernur adalah bekerja melayani masyarakat. Tidak kemudian terseret oleh kepentingan politik praktis. Apalagi sampai ikut poros-porosan. Di Sumut, jangan ada poros-porosan. Poros aparatur negara hanya satu yakni poros bekerja.

"Soal ada poros berbicara, silahkan mengkritik terus-menerus. Partai oposisi bicara terus silahkan, itu memang tugas mereka. Tapi ASN, porosnya satu bekerja," ujarnya.

Sumber :Puspen Kemendagri