Hasil Survei SBLF Mengejutkan, Mahyeldi Menang di Basis Emzalmi

"kemenangan Mahyeldi berada di komplek-kompek perumahan yang notabene dihuni masyarakat menengah keatas "
Direktur Eksekutif SBLF Research and Consultan Edo Andrefson, SE (Joni/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sumatera Barat Leadership Forum Research and Consultan (SBLF) merilis hasil survei yang dilakukan dari Februari hingga 20 Juni 2018. Mengejutkan, dari hasil survei tersebut pasangan calon Walikota Padang Mahyeldi-Hendri Sapta menang dibasis atau kantong-kantong suara Emzalmi - Desri Ayunda.

Direktur Eksekutif SBLF Research and Consultan Edo Andrefson, SE menjelaskan, kemenangan Mahyeldi berada di komplek-kompek perumahan yang notabene dihuni masyarakat menengah keatas dan memiliki cara berfikir rasional dalam memilih calon pemimpin. Mereka lebih condong kepada kinerja dibandingkan isu kedaerahan dalam memilih kepala daerah.

"Jadi dari hasil survei yang kami lakukan dengan menyebar 800 sampel untuk Kota Padang, memperoleh hasil kemenangan berada pada Mahyeldi-Hendri (63 persen), Emzalmi - Desri (31 persen), sementara tidak menjawab 6 persen," jelasnya saat jumpa pers di Padang, Jumat, 22 Juni 2018.

Dilanjutkannya, Komplek tersebut dihuni oleh mereka pekerja kantoran. Komplek tersebut menyebar di Kecamatan Kuranji, Lubuk Kilang, Koto Tangah dan Pauh.

"Isu kedaerahan bagi mereka nomor kesekian dalam menentukan pilihan," ujarnya.

Edo meyakini hasil survei tersebut tidak akan jauh berbeda dengan hasil pemilu. Hal itu beranjak dari pengalaman mereka melakukan survei pada Pilkada sebelumnya. Rata-rata selisih hasil hanya berkisar pada angka 10 persen saja.

Bahkan dari survei tersebut, Mahyeldi-Hendri rata-rata menang di masing-masing kecamatan dan kelurahan Kota Padang.

"Emzalmi diuntungkan oleh Ninik Mamak, namun tidak terlalu besar angkanya," tukasnya.

[Joni Abdul Kasir]