Sendok Makan Hitler Dilelang Seharga Rp 233 juta

"Peralatan makan itu sendiri terdiri dari tiga buah sendok, tiga buah garpu, dan dua bilah pisau. "
Adolf Hitler (Mirror)

KLIKPOSITIF -- Peralatan makan, termasuk sendok dan garpu, yang dirancang khusus untuk merayakan ulang tahun ke-50 pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler, terjual dalam sebuah lelang di Inggris dengan harga 12.500 pound sterling atau sekitar Rp 233 juta.

Peralatan makan itu sendiri terdiri dari tiga buah sendok, tiga buah garpu, dan dua bilah pisau. Pada perkakas-perkakas itu terpatri lambang elang dan swastika Nazi, serta inisial nama Hitler.

Alat-alat makan itu sendiri ditemukan di sebuah rumah di Dorset, Inggris milik seorang perwira militer senior dan, seperti diwartakan BBC, Jumat (22/6/2018), terjual dalam lelang yang digelar rumah lelang Charterhouse Auctioneers.

"Sekitar 3000 buah alat makan seperti ini diproduksi untuk merayakan ulang tahun Hitler ke-50. Ini adalah yang pertama yang pernah saya lihat dalam 33 tahun terakhir," kata Richard Bromell dari rumah lelang Charterhouse Auctioneers.

"Beberapa mungkin sudah hilang ditelan waktu, yang lain mungkin terkubur di bawah reruntuhn, dan sisanya sudah dilupakan," imbuh dia.

Adapun delapan alat makan Hitler itu dibeli oleh seorang penawar melalui internet. Identitasnya dirahasiakan oleh rumah lelang tersebut.

Hitler sendiri adalah pemimpin Jerman sejak 1933 sampai 1945. Ia dikenang karena memicu Perang Dunia II, dengan menginvasi Polandia pada September 1939 dan karena membantai jutaan warga Yahudi di Eropa.

Rezim Nazi di Jerman berakhir setelah pasukan sekutu di bawah pimpinan Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet mengalahkan Jerman pada Mei 1945.

Hitler sendiri mengabisi nyawanya pada usia 56 tahun dalam sebuah bunker di Berlin pada 30 April 1945, ketika tentara Uni Soviet mulai memasuki Berlin. 

Sumber: suara.com