Ratusan Wisatawan Terjebak di Pulau Angso Duo, Basarnas Siapkan Skenario Evakuasi

"para wisatawan tersebut masih tertahan di pulau dan menunggu dijemput Tim SAR gabungan"
KN SAR Yudhistira (internet)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Sekitar 200 orang wisatawan terjebak di Pulau Angso Duo, Pariaman, Sabtu 23 Juni 2018 sore. Namun hingga saat ini, para wisatawan tersebut masih tertahan di pulau dan menunggu dijemput Tim SAR gabungan. 

Plt Kepala SAR Padang, Ahmad Junir saat dihubungi Sabtu malam mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan BMKG dan Dinas Pariwisata Kota Pariaman untuk penjemputan.

Dia menyebut, rencananya, tim gabungan akan melakukan penjemputan menggunakan Kapal Navigasi (KN) SAR Yudhistira. Sejauh ini, tim SAR gabungan masih melakukan rapat kecil untuk evakuasi para wisatawan tersebut.

"Kita akan usahakan untuk mengevakuasi para wisatawan tersebut malam ini," katanya.

Ditambahkan Junir, untuk evakuasi, pihaknya sedang mempelajari kemungkinan terdekat. Menggunakan KN SAR Yudhistira dengan kapasitas 200 orang lebih, tim terpadu kebencanaan juga sudah mempersiapkan skenario evakuasi.

"Tim akan menggunakan perahu karet yang berkapasitas 10 orang. Sebab, KN SAR Yudhistira tidak bisa bersandar terlalu dekat dengan pulau," tuturnya. 

Teknisnya, para wisatawan akan diangkut per 10 orang dari pulau ke kapal. Kemungkinan besar tim pun akan berupaya menyelesaikan evakuasi malam ini. 

"Semua sudah disiapkan, diatas kapal ada 14 ABK yang terdiri dari enam orang rescuer dan sisanya tim terpadu seperti TNI, polisi, PMI dan BMKG," tutupnya.

Sebelumnya, 200 wisatawan tersebut terjebak di Pulau Angso Duo, Pariaman setelah cuaca buruk terjadi saat mereka hendak kembali ke daratan. Wisatawan yang berasal dari ... Baca halaman selanjutnya