Polres Kota Solok Terbitkan 455 Tilang Selama Operasi Ketupat 2018

"Jumlah penindakan berupa tilang di operasi tahun ini terbilang meningkat"
Kasatlantas Solok Kota Iptu Rifaizal Samual memberikan penyuluhan lansung pada masyarakat (Istimewa)

KOTA SOLOK, KLIKPOSITIF -- Satuan Lalulintas Polres Kota Solok menerbitkan sebanyak 455 surat tilang pada pengendara yang melanggar aturan lalulintas selama Operasi Ketupat 2018.

Operasi pengamanan lalulintas selama musim lebaran tersebut digelar dari 7 hingga 24 Juni 2018. Jumlah penindakan berupa tilang di operasi tahun ini terbilang meningkat ketimbang tahun sebelumnya.

"Jumlahnya meningkat cukup tinggi ya, tahun lalu hanya 50 perkara. Peningkatannya mencapai 810 persen," kata Kasat Lantas Iptu Rifaizal Samual. Ia menyebutkan, mayorita pelanggar adalah pengendara roda dua.

Dengan tingginya penindakan tilang itu, ia menilai bahwa tingkat kepatuhan pengendara masih rendah untuk di Kota Solok.

Begitu juga dengan teguran, petugas mencatat setidaknya terdapat 216 kali teguran yang diberikan pada pengendara. Jumlah teguran di tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu yang hanya 146 kali.

Pemberian surat tilang sendiri dinilai untuk memberikan efek jera, "Kebanyakan tak pakai helm, dan jenis pelanggaran lainnya seperti melawan arus, berkendara dibawah umur," sebut dia.

Kendati angka pelanggaran lalulintas meningkat, namun angka kecelakaan selama operasi berlangsung terbilang menurun.

"Tahun ini hanya 2 kasus kecelakaan, sedangkan tahun lalu 7 kasus. Diketahui untuk tahun ini juga tidak ada korban jiwa, sedangkan tahun lalu sebanyak 4 orang," pungkas Rifaizal.

[Syafriadi]