BNPT: 101 Warga Lampung Terindikasi Kelompok ISIS

"Juga ada di berbagai daerah lain"
Ilustrasi (Istimewa)

LAMPUNG, KLIKPOSITIF -- Kepolisian Daerah Lampung terus melakukan penyisiran dan pengamanan terhadap warga daerah itu yang terlibat dengan jaringan terorisme.

Hal itu dikatakan oleh Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana. Menurut dia, berdasarakan data intelijen dan survei Badan Nasional Penanggulan Terorisme (BNPT), terdapat 101 orang warga daerah itu yang terinidikasi jaringan ISIS.

"Ada sebanyak 14 orang yang terdepotasi, 4 orang napi teroris, dan 83 orang diduga merupakan simpatisan," katanya dilansir dari Lampungpro.com-jaringan Klikpositif.com.

Jumlah tersebut, kata dia, menjadi acuan bagi pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan, penyadaran dan penindakan warga yang diduga terlibat jaringan teroris.

"Pencegahan melibatkan ulama, TNI dan tokoh masyarakat. Kemudian dengan memaksimalkan semua komponen yang ada untuk monitoring warga," sebut Suntana.

Tingginya jumlah warga yang diduga terlibat jaringan ISIS tersebut diketahuinya tidak hanya di Lampung saja. Melainkan juga ada di berbagai daerah lain.

Ia merinci, ada empat provinsi lain yang memiliki tingkat radikalisme yang cukup tinggi. Provinsi yang dimaksud adalah Bengkulu 58,58 persen, Gorontalo 58,48 persen, Sulsel 58,42 persen dan Kalimantan Utara 58,30 persen.(*)