Aparat Bermotor Amankan Distribusi Logistik Pilwako di Sawahlunto

"Logistik Pilwako tersebut berupa surat suara, kotak suara dan bilik suara"
Pengawalan distribusi logistik Pilwako Sawahlunto yang dilakukan oleh aparat TNI dan Polri. (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Sehari menjelang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Sawahlunto, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto mendistribusikan logistik Pilwako. Logistik Pilwako tersebut berupa surat suara, kotak suara dan bilik suara.

Logistik yang didistribusikan tersebut dikirim ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada di empat Kecamatan yaitu Kecamatan Silungkang, Barangin, Lembah Segar dan Talawi. Selanjutnya akan dikirim dan disebar ke 130 tempat pemungutan suara (TPS).

Dari pantauan KLIKPOSITIF, ada empat truk type menengah yang membawa logistik, dikawal oleh dua anggota dari TNI-POLRI yang membawa sepeda motor dan satu mobil operasional KPU Kota Sawahlunto. Pelepasan secara simbolis logistik Pilwako ini dipimpin oleh Kapolres Sawahlunto AKBP Zamroni Wibowo dan Ketua KPU Kota Sawahlunto Afdhal.

Ketua KPU Kota Sawahlunto, Afdhal mengatakan, pendistribusian tersebut sudah melalui prosedur yang telah ditetapkan. Pendistribusian dilakukan sehari sebelum pencoblosan.

"Distribusi ke masing-masing PPK selanjutnya diinapkan semalam di Kantor Desa dan Kelurahan. "Baru subuh besok, akan didistribusikan ke masing-masing TPS," katanya di halaman kantor KPU Kota Sawahlunto, Selasa 26 Juni 2018.

Afdhal memastikan keamanan logistik tersebut karena dibantu oleh jajaran Polres Sawahlunto dan Pemko Sawahlunto. "Selama di kantor desa dan kelurahan dijaga oleh aparat kepolisian dan linmas, karena kita kerjasama dengan Polres dan Pemko," jelasnya.

[Muhammad Haikal]