BKSDA Temukan Jejak Harimau di Lubuk Basung

"Harimau tersebut hanya melintas di perkebunan warga"
Ilustrasi Harimau Sumatera (Net)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam menemukan keberadaan seekor Harimau Sumatera di sebuah perkebunan warga di Jorong Kubu Anau, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Agam-Sumbar.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 Sumbar Khairi Ramadhan mengatakan, keberadaan Harimau tersebut diketahui dari sebuah jejak kaki berukuran 11 centimeter di perkebunan warga.

"Ya benar, berdasarkan pengecekan BKSDA Agam tadi, itu jejak harimau dengan ukuran 11 centimeter," katanya pada KLIKPOSITIF.

Jejak kaki tersebut diidentifikasi merupakan milik binatang bernama latin Panthera Tigris Sondaica itu. Penemuan jejak itu diketahui pada Minggu, 24 Juni 2018 lalu.

Sejauh ini, menurut Khairi, Harimau tersebut hanya melintas di perkebunan warga, hanya saja pihaknya belum memastikan jumlah dari binatang pemakan daging itu.

Di sisi lain, Khairi memastikan, harimau ini berbeda individu dengan harimau yang ada di Palupuah sebab koridornya sudah berlainan.

"Kita himbau warga segera mengandangkan ternak dan waspada dalam beraktifitas," paparnya. Dilihat dari ukuran jejak kaki itu, Khairi menilai bahwa Harimau tersebut berumur 2 sampai 3 tahun.

"Diduga masih remaja, ukuran jejaknya pun hampir sama, jadi jumlahnya kemungkinan satu ekor," pungkasnya kemudian.

[Hatta Rizal]