Padang Masuk Program Pengembangan Kota Baru Kementerian PUPR

"Setidaknya terdapat 10 kota yang masuk dalam rencana pengembangan"
Rapat pembahasan rencana program pembangunan kota baru antara Pemprov Sumbar dengan Kementerian PUPR (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencanangkan program pengembagan kawasan pemukiman baru untuk sejumlah kota yang ada di Indonesia.

Setidaknya terdapat 10 kota yang masuk dalam rencana pengembangan, salah satunya adalah Kota Padang. Program itu dimaksud untuk mengurangi kepadatan penduduk di kota besar.

"Program tersebut masuk dalam rencana pembangunan nasional, dan kita sudah sangat serius untuk melakukan pengembangan kota baru di Padang," kata Tenaga Ahli Menteri Bidang Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Lucky H Korah.

Ia menyebutkan, untuk pengembangan kota baru di Padang ini masih diperlukan beberapa kajian. Sehingga, nanti kota baru ini benar-benar berdampak manfaatnya kepada masyarakat.

Apalagi, saat ini tingkat pertumbuhan penduduk di Kota Padang sudah cukup pesat. Sehingga, perlu ditunjuk satu area untuk pengembangan kota baru.

"Jadi kita akan lakukan kajian lebih mendalam untuk menjadikan Padang untuk progres pengembangan kota baru ini," tuturnya.

Program dari pemerintah pusat itu kemudian disambut postif oleh Pemerintah Provinsi Sumbar. Wakil Gubernur Nasrul Abit menyebutkan pihaknya akan mendukung langkah Kementerian PUPR itu.

"Untuk kota baru ini pengembangannya dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang. Jadi, kita akan menunggu konsep pengembangan kota baru ini dari pusat," pungkasnya.

[Joni Abdul Kasir]