Soal Hasil Pilwako Sawahlunto, Ini Kata KPU

"Sementara rekapitulasi penghitungan oleh KPU Kota Sawahlunto akan dilakukan pada Rabu 4 Juli 2018 mendatang."
Ilustrasi (Net)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Proses penghitungan suara Pilwako Sawahlunto masih belum rampung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto, masih melakukan proses penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan.

Sementara rekapitulasi penghitungan oleh KPU Kota Sawahlunto akan dilakukan pada Rabu 4 Juli 2018 mendatang.

Ketua KPU Sawahlunto Afdhal mengatakan, KPU belum bisa mengeluarkan data, sebelum dilakukan sidang pleno yang diikuti oleh Panwaslu Kota Sawahlunto, saksi-saksi dari Paslon, dan PPK.

“Jadi data yang ada saat ini hanya data-data dari para saksi masing-masing calon, kita sendiri baru akan melakukan penghitungan suara secara resmi pada Rabu pekan nanti. Sekarang baru penghitungan di tingkat PPK,” jelasnya.

Dari empat kecamatan yang ada di Sawahlunto, belum semua penghitungan selesai. “Masih ada beberapa nagari yang belum kelar melakukan penghitungan, jadi kita tunggu dulu. Untuk proses penghitungan di PPK sendiri setelah selesai wajib mengantarkan kotak suara dan isinya serta data-datanya ke KPU dengan pengawalan ketat,” terangnya.

Hingga sore kemarin sebutnya, masih ada PPK yang masih melakukan rekapitulasi. “KPU secara resmi akan melakukan penghitungan dan pengumuman penetapan hasil resmi pada 4 Juli nanti. Kemudian kita akan menunggu selama tiga hari jika ada gugatan. Sedangkan untuk pelantikan nantinya akan menunggu dari DPRD,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Rovanly Abdams saat mengatakan, untuk kebenaran data terlebih dahulu akan menunggu hasil dari KPU.

“Sejauh ini tidak ada persoalan terutama yang bersangkutan dengan Tupoksi Pemko sendiri. Dan alhamdulillah proses pilkada di Sawahlunto berjalan aman dan lancar, kita memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah cerdas dalam berpolitik,” ujarnya.

Sebelumnya, pasangan calon ... Baca halaman selanjutnya