Singapura Putus Akses Internet untuk Pegawai Negeri

"The Straits Times melaporkan akes Internet di 100.000 komputer pemerintah akan diputus"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan memutus jaringan Internet di komputer pegawai negeri sipil (PNS) diperlukan untuk memastikan keamanan sistem informasi.

Dia menjelaskankan keputusan ini adalah keputusan yang sulit namun diperlukan. Pemutusan koneksi internet akan memperlambat produktivitas kita sehari-hari. Lee mengatakan menteri pertahanan dan luar negeri sudah memiliki komputer terpisah untuk akses Internet dan untuk menangani komunikasi rahasia.

"Dalam hal keamanan, keamanan sistem kami, keselamatan warga kami dan informasi tentang mereka, itu sangat diperlukan,” katanya.

Surat Kabar The Straits Times melaporkan akes Internet di 100.000 komputer pemerintah akan diputus, guna melindungi keamanan data dan mencegah penyebaran malware. Surat kabar tersebut mengutip pernyataan pemerintah yang mengatakan ada 16 serangan menargetkan sistem pemerintah dari sumber yang tidak diketahui pada tahun lalu tapi malware berhasil dideteksi dan dihancurkan.

PNS masih bisa mengakses Internet di perangkat pribadi mereka seperti tablet dan ponsel. Guru sekolah swasta dan para dosen tidak akan terkena dampak dari gerakan tersebut.