Bupati Hentikan Sementara Operasi Lima Tambang Galian C di Pessel

"Penghentian operasi tambang galian C di daerah ini dilakukan karena banyaknya pengaduan dari masyarakat"
Bupati Pessel, Hendra Joni menginstruksikan jajarannya untuk menutup sementara operasional lima tambang galian C di Pessel. (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menghentikan sementara pengoperasian tambang galian C di Nagari Tambang, Kecamatan IV Jurai, Senin 2 Juli 2018. Penghentian operasi tambang galian C di daerah ini dilakukan karena banyaknya pengaduan dari masyarakat.

Pasalnya, aktivitas tambang di kawasan tersebut dinilai melanggar aturan perizinan. Selain bupati bersama Forkompinda, penghentikan operasi tambang ini juga diikuti tim gabungan Provinsi. Hasilnya, sekitar lima tambang yang dinilai melanggar ketentuan dihentikan beroperasi untuk sementara.

"Jangan anggap negeri ini tidak bertuan. Pokoknya harus taat aturan. Tambang ini harus tutup semua sampai izinnya lengkap," sebut Hendrajoni usai Sidak.

Kata Hendrajoni, terdapat lima tambang galian C yang tidak mematuhi izin akitvitas pertambangan. Kelima tambang tersebut bakal dilakukan peninjauan ulang. "Ini harus kita tindak tegas, OPD terkait harus segera membahasnya. Tidak ada yang boleh beroperasi kalau melanggar aturan," ucapnya.

Data dari Pemkab Pessel, lima perusahan Galian C yang diduga melanggar aturan, yakni, PT Taruko Putra Nusantara, PT. Tigo Padusi Nusantara, CV. Putra Salido, PT. Mineral Sutera Pesisir Selatan dan CV. Merapi Anugerah Mandiri.

[Kiki Julnasri Priatama]