RSUD Lubuk Sikaping Siap Layani Bacaleg yang Lakukan Tes Kesehatan

"Pelayanan itu akan dimulai pada 5 Juli sampai 16 Juli 2018"
Ilustrasi (Net)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman siap melayani cek kesehatan jasmani dan narkoba untuk para bakal calon legislatif (bacaleg) di daerah itu. Pemeriksaan itu akan mulai dibuka pada Kamis 5 Juli 2018.

"Silahkan datang bagi para caleg yang ingin cek kesehatan jasmani dan narkoba pada Kamis lusa. Kita akan melayani para caleg hingga tanggal 16 Juli 2018 mendatang," kata Direktur RSUD Lubuk Sikaping, dr. Yong Marzuhaili pada KLIKPOSITIF, Senin 2 Juli 2018 malam.

Menurut Yong, pihak rumah sakit juga memberikan jalur khusus bagi para Caleg yakni memberikan pelayanan cek kesehatan pada Sabtu dan Minggu. Kecuali khusus cek untuk penyakit dalam dilaksanakan pada setiap hari Rabu.

"Kendala kita, hanya alat labor hanya punya satu unit. Kemampuannya satu hari hanya 100 orang. Sementara pasien umum selain caleg juga banyak yang melakukan cek darah tiap harinya," jelasnya.

Ketika ditanya soal biaya cek kesehatan jasmani dan narkoba bagi para bacaleg, biayanya perorang mencapai Rp1.200.000. Namun jumlah itu baru perkiraan awal, belum ditetapkan secara permanen.

"Menjelang hari Kamis sudah kita tetapkan berapa biaya cek kesehatan jasmani dan narkoba. Tapi perkiraannya ya Rp1,2 juta," sebutnya.

Cek kesehatan tersebut meliputi pemeriksaan radiologi, EKG, serta laboratorium lengkap yang meliputi HB, Hematokrit, Lekosit, LED, Hitung Jenis, Trombosit, Fases Lengkap, Urin Rutin, Gula Darah Puasa, Creatinine, Ureum, Cholesterol HDL, Trigliseryda, Cholesterol Total, Malaria Strip, Asam Urat, SGOT, SGPT, Hbsag, Anti Hbs dan pemeriksaan narkoba.

[Man St Pambangun]