Pelaku Pembuat Uang Palsu Ditangkap di Solok, Lihat Daerah Sebarannya...

"Pelaku telah menyebar uang palsu tersebut ke sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar"
Tersangka memperagakan cara membuat uang palsu di hadapan Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Ada-ada saja ulah AF (17), pelajar salah satu sekolah asal Kabupaten Sijunjung. Hanya karena termotivasi cerita teman, ia nekat mencetak sendiri uang tanpa perlu susah payah bekerja.

Hanya bermodalkan 1 perangkat Personal Computer (PC) berikut printer dan kertas HVS, ia mencetak belasan juta uang palsu (upal) pecahan 100 ribu.

"Tersangka mengaku termotivasi melakukan hal itu bersama sejumlah rekannya karena mendengar cerita temannya yang telah lebih dulu mencetak upal dan berhasil mengedarkannya," ungkap Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, Senin 2 Juli 2018.

Dari pengakuan AF, ia mencari gambar pecahan uang 100 ribu di internet melalui Smartphone nya.

Setelah gambar didapat persis seperti uang asli, kemudian ia memindahkannya ke komputer PC. Tidak ada program atau aplikasi khusus yang digunakan untuk mencetak uang, hanya dicetak melalui M. Word dengan menggunakan kertas HVS putih.

Setelah dipastikan uang palsu tersebut mirip dengan uang kertas pecahan 100 ribu pada umumnya, kemudian langsung dipotong dengan rapi, baru diedarkan oleh rekan pelaku dengan modus belanja ke warung.

Diakui para pelaku, aksinya itu baru dilakukan sejak usai lebaran Idul Fitri kemarin. Tak tanggung-tanggung, puluhan warung di berbagai daerah seperti Kota Sawahlunto, Sijunjung, kota dan Kabupaten Solok sempat menjadi korban para pelaku.

"Uang kembalian yang asli kemudian dibagi rata oleh para pelaku usai berhasil mengedarkannya," tutup Kapolres.

Baca berita sebelumnya : Ini Kronologis Penangkapan Pelaku Pembuat Uang Palsu di Solok

[Syafriadi]