Usai Gunung Agung Meletus, Bali juga Diguncang Gempa

ilustrasi gempa
ilustrasi gempa (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Pulau Bali , tepatnya Kota Denpasar diguncang gempa dengan kekuatan 5.0 SR sekira pukul 09.19 WITA, Selasa (3/7). Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Muhammad Taufik Gunawan mengatakan, gempa itu dirasakan di Kuta, Denpasar dan Mataram.

Dia menerangkan, bahwa hasil analisis update BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki magnitudo M=4,9. Episenter terletak pada koordinat 9,66 LS dan 115,22 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 110 km arah selatan Kota Denpasar, Provinsi Bali pada kedalaman 24 km.

baca juga: Pagi-pagi Gempa Guncang Mentawai, Ini Penjelasan BMKG

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi di selatan Bali ini merupakan gempa bumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik-mendatar (oblique thrust)," terangnya dilansir dari suara.com, jaringan KLIKPOSITIF .

baca juga: Selain Dinihari Tadi, Empat Dentuman Misterius Ini Sempat Gegerkan Indonesia

Pihaknya menegaskan, dampak gempa bumi berupa guncangan ini dilaporkan dirasakan di daerah Kuta dan Denpasar dalam skala intensitas II SIG- BMKG (III MMI), serta di Mataram I SIG- BMKG (II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 09.38 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

baca juga: BMKG Jelaskan Hal Ini Terkait Erupsi Gunung Anak Krakatau

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Adanya gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami," pungkasnya. (*)

Penulis: Agusmanto