KPU Pasbar Sosialisasikan Pengajuan Berkas Bacaleg

"Pendaftaran bacaleg dibuka selama empat belas hari, terhitung mulai 4 hingga 17 Juli 2018"
Sosialisasi yang dilakukan KPU Pasbar (KLIKPOSITIF/Buyung Fajri)

PASBAR, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman Barat melakukan sosialisasi terkait mekanisme dan persyaratan pengajuan bakal calon legislatif DPR,DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota di Aula Kantor KPU Pasbar, Selasa 3 Juli 2018.

Ketua KPU Pasbar Al Haris mengatakan, pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) dibuka selama empat belas hari, terhitung mulai 4 Juli hingga 17 Juli 2018.

"Bagi setiap parpol yang akan mendaftarkan bacaleg, hanya kami layani saat jam kerja mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB," sebut dia.

Ia mengatakan, bagi parpol peserta Pemilu yang akan mendaftarkan bacaleg-nya harus memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan pada setiap dapilnya. Bagi yang tidak memenuhi syarat tersebut, akan dinyatakan tidak lengkap.

Sementara itu, Bagi PNS atau yang sedang memiliki jabatan tertentu diwajibkan melengkapi Surat Model BB 1 yang dilampiri dengan surat pengunduran diri dari PNS atau jabatannya, tanda terima dari pejabat yang berwenang atas penyerahan surat pengajuan pengunduran diri dan Surat Keterangan bahwa pengajuan pengunduran diri sedang diproses oleh pejabat yang berwenang.

Menurutnya, setelah tahapan pengajuan pendaftaran bakal calon selesai, diberi waktu perbaikan berkas terhitung mulai 22 Juli sampai 31 Juli 2018.

[Buyung Fajri]