KPU Pasaman Sarankan Parpol Daftar Lebih Awal, Ini Alasannya

"Belum ada satupun yang mendaftar partai politik hingga pukul 16.00 WIB hari ini. "
Ilustrasi (Net)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Hari pertama dibukanya pendaftaran bakal Calon Legislatif (bacaleg) DPRD Pasaman di KPU setempat, belum ada satupun partai politik yang melakukan pendaftaran atau mengantarkan berkas.

"Belum ada satupun yang mendaftar partai politik hingga pukul 16.00 WIB hari ini. Sejumlah pengurus partai politik baru konsultasi, menyiapkan berkas, terutama surat keterangan cek kesehatan" kata Komisioner Divisi Tekni SDM dan Parmas KPU Pasaman, Juli Yusran pada KLIKPOSITIF, Rabu 4 Juli 2018.

Menurut Juli, pengurus partai masih melengkapi persyaratan bacaleg, bahkan masih ada yang melakukan pelatihan tentang input berkas ke Sitem Informasi Pencalonan (silon) dengan mengundang KPU.

KPU Pasaman telah menyediakan empat tim untuk menerima berkas pencalonan dari 16 partai politik. Masing-masing tim terdiri dari lima orang anggota.

Tempat pendaftaran disediakan di media centre KPU Pasaman tepatnya dibelakang kantor Bupati Pasaman. Masing-masing tim telah menyediakan meja dan kursi tempat mendaftar.

"Pendaftaran dimulai hari ini dan berakhir pada tanggal 17 Juli 2018 mendatang. Kita minta kepada pengurus partai jangan mendaftar diakhir-akhir penutupan pendaftaran sebab sangat besar resikonya" ujarnya.

Resiko itu diantaranya, ketika partai politik mendaftar dihari-hari terakhir, kalau seandainya berkas tidak lengkap, maka berkas akan dikembalikan dan tidak punya waktu untuk memperbaiki.

"Kalau tidak lengkap berkas. Bisa gagal partai tersebut ikut Pemilu di Pasaman. Makanya, kita ingatkan juga sebelum mendaftar atar berkonsultasi juga dengan petugas help desk, untuk memaatikan beskas sudah lengkap," sebutnya.

Disebutkannya, pendaftaran dibukan mulai dari pukul 8.00 WIB-16.00 WIB. Dan dihari terakhir pendaftaran ditutup pada pukul 24.00 WIB. Jumlah kursi di DPRD Pasaman sebanyak 35 kursi dengan jumlah 16 partai politik yang ikut ... Baca halaman selanjutnya