13 Ribu Lebih Masyarakat Agam Tinggal di Kawasan Rawan Bencana Gunung Marapi

"Saat terjadi letusan Mei kemarin, kampung ini bergetar dibuatnya. Cukup bikin takut"
Gunung Marapi meletus beberapa waktu lalu (Hatta Rizal/KLIKPOSITIF)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi membagi tiga wilayah yang berpotensi terdampak akibat aktifitas Marapi. Wilayah ini dinamakan Kawasan Rawan Bencana (KRB) I, II dan III.

KRB I merupakan zona radius 5-7 kilometer dari kawah, dengan ancaman berupa bencana lahar dingin di sepanjang aliran sungai dan bencana berupa jatuhan hujan abu serta kemungkinan dapat terkena lontaran batu pijar.

KRB II berada radius 3-5 kilometer dari kawah, dengan ancaman aliran masa berupa awan panas, aliran lava, guguran batu pijar, hujan abu lebat serta lahar dingin di sepanjang aliran sungai.

Terakhir, KRB III, merupakan kawasan paling rawan karena meliputi areal 0-3 kilometer dari kawah. Kawasan ini sama sekali tak boleh didekati untuk saat ini sebab Marapi berada dalam status Waspada Level II yang berarti radius 3 kilometer dari kawah tak direkomendasikan untuk beraktifitas apapun. Karena ini zona "merah", tentunya bakal paling sering terlanda awan panas, aliran lava, serta lontaran bom vulkanik.

Di Zona Manakah Warga Agam Tinggal Saat Ini?

Pada Rabu 4 Juli 2018, PGA Marapi yang berkantor di Belakang Balok Bukittinggi melakukan pendataan kependudukan sekaligus sosialisasi di zona KRB. KLIKPOSITIF diikutkan dalam hal ini.

Pendataan dilakukan dengan cara mendatangi langsung perkampungan di sepanjang kaki dan lereng Marapi yang masuk wilayah administratif Kabupaten Agam meliputi Kecamatan Canduang (Nagari Lasi dan Bukik Batabuah) dan Kecamatan Sungai Pua (Nagari Sungai Pua, Nagari Sariak dan Batu Palano).

Dari Pemerintahan Nagari tersebut, terkumpullah data sekitar 13.568 jiwa yang menghuni KRB I atau dalam radius 5-7 kilometer dari kawah Marapi. Tidak ada warga yang menetap di KRB II yang merupakan kawasan hutan lindung dan KRB III di kawasan Puncak.

Rinciannya, di Nagari Bukik Batabuah sebanyak 3546, berada di Jorong Batang Silasiah dan Jorong Gobah. Di sini, Puncak Marapi ... Baca halaman selanjutnya