KPU Sawahlunto : Partisipasi Pemilih Lebihi Target Nasional

"Jumlah pemilih yang ikut menyumbang suaranya pada Pilwako mencapai 77,65 persen"
ilustrasi (net)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto mengapresiasi partisipasi pemilih pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Sawahlunto 2018. Jumlah pemilih yang ikut menyumbang suaranya pada Pilwako mencapai 77,65 persen. Capaian ini melebihi target nasional yang ditetapkan sebesar 77,5 persen.

"Dari 4 kota yang melaksanakan Pilwako serentak 2018 di Sumbar kita yang tertinggi, Kota Padang 63 persen, Padang Panjang 71 persen, Pariaman 74 persen," kata Ketua KPU Kota Sawahlunto Afdhal, di Hall Ombilin PT. BA UPO Sawahlunto.

Afdhal mengaku sempat khawatir pada saat hari pencoblosan 27 Juni 2018 lalu. Pasalnya pagi hari saat hari pemilihan tersebut Kota Sawahlunto hujan. Dia mengungkapkan capaian tersebut, tidak serta merta dari KPU Kota Sawahlunto semata, peran Pemko Sawahlunto yang mendorong masyarakat untuk memilih juga sangat membantu.

"Selain sosialisasi yang kami lakukan, kerjasama dengan Pemko Sawahlunto memiliki andil dalam capaian ini, pada hari pencoblosan, Pemko turun langsung mendorong masyarakat untuk memilih," katanya.

Dia mengatakan partisipasi pemilih ini hendaknya bisa ditingkatkan pada Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. "Harapannya partisipasi pemilih bisa lebih pada Pileg dan Pilpres yang digelar serentak 2019 mendatang," ujarnya.

Muhammad Hailkal