Fakta di Balik Kekalahan Emzalmi-Desri di Pilkada Padang

"Pemilih tidak hanya melihat ketokohan saja"
Emzalmi dan Desri Ayunda (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang periode 2018-2023 telah usai. Pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Hendri Septa keluar sebagai pemenang dalam pemilihan kali ini.

Pilkada Padang tahun ini diikuti oleh dua pasang calon, di urutan pertama terdapat Emzalmi dan Desri Ayunda sedangkan Mahyeldi-Hendri di nomor urut dua.

Pesta demokrasi di ibukota Provinsi Sumbar ini diikuti oleh dua orang incumben. Diketahui Mahyeldi merupakan Walikota Padang periode 2013-2018 dengan masa jabatan berlaku hingga Mei 2019 nanti, ia menggantikan Fauzi Bahar yang saat itu telah memimpin Padang selama dua periode.

Sebelum maju sebagai Walikota di tahun 2013 itu, Mahyeldi adalah petahana Wakil Walikota yang mendampingi Fauzi Bahar dari tahun 2008 hingga 2013, sehingga ketika maju jadi Walikota Padang, Mahyeldi cukup beruntung karena telah mendapatkan modal kepercayaan dari masyarakat.

Sedangkan Emzalmi merupakan Wakil Walikota Padang yang pernah mendampingi Mahyeldi pada periode Pilkada Padang tahun 2013, dan diusung oleh dua pratia yakni PKS dan PPP. Namun nasibnya tidak seberuntung Mahyeldi di Pilkada 2013 lalu.

Berdasarkan hasil rekapitulasi dari KPU Kota Padang, pasangan Mahyeldi-Hendri menang dengan memperoleh sebanyak 212.526 atau 62.92 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sementara itu pasangan Emzalmi-Desri harus puas dengan 125.238 suara. Jika dibandingkan, perolehan suara pasangan yang didukung oleh Golkar, NasDem, PDIP, Gerindra, Demokrat, Hanura, PKB, PPP, PBB, dan Perindo itu jelas tidak seimbang, apalagi keduanya (Mahyeldi dan Emzalmi) merupakan petahana.

Hal yang paling menarik lagi adalah, pasangan Emzalmi di Pilkada tahun ini yakni Desri Ayunda merupakan runner up dari Pilkada 2013 lalu.

Kala itu Mahyeldi yang berpasangan dengan Emzalmi meraih 148.864 suara, sedangkan Desri Ayunda yang berdampingan dengan James Helyward meraih 147.166 suara. Hasil yang sangat ... Baca halaman selanjutnya