Program Buku 'Door to Door' di Kabupaten Solok Masuk Lima Besar Nasional

"Program Buku Bergulir itu merubah stigma perpustakaan yang selama ini pasif"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Alwis mengatakan, Program Buku Bergulir Perpustakaan Nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solok masuk dalam lima besar penilaian pustaka terbaik tingkat nasional. Perpustakaan tersebut mewakili Sumbar untuk tingkat nasional.

Dijelaskannya, Pustaka Nagari Saok Laweh menerapkan sistem antar buku langsung ke rumah masyarakat (door to door). Buku yang diantarkan tersebut terdiri dari berbagai jenis buku, setelah melakukan analisis dan pemetaan buku apa yang dibutuhkan dan diminati penghuni rumah.

"Contohnya dalam rumah tersebut profesinya petani, maka diberikan buku berkaitan dengan pertanian, begitu selanjutnya dengan rumah lainnya," tuturnya

Kemudian setelah lima belas hari buku tersebut akan diganti dengan buku lain secara berkesinambungan. Sementara buku yang tadi dari rumah pertama akan digulir ke rumah berikutnya.

"Program ini pantas menjadi percontohan tingkat nasional karena bisa meningkatkan budaya literasi masyarakat secara lebih terukur," kata Alwis, Kamis 5 Juli 2018.

Dilanjutkannya, program tersebut sebagai tindak lanjut gerakan Sumbar membaca yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu. Substansinya bagaimana melibatkan perangkat pemerintahan terendah ikut berpartisipasi dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Kemudian, Program Buku Bergulir itu merubah stigma perpustakaan yang selama ini pasif, hanya menunggu masyarakat untuk datang dan membaca buku di pustaka. Menurutnya kreatifitas menjadi penyumbang semangat baca di tengah minimnya minat baca.

Selanjutnya, atas prestasi dan kreatifitas Pustaka Nagari Saok Laweh, utusan dari Perpustakaan Nasional akan melakukan proses penilaian pada tanggal 15 hingga 17 Juli di pustaka tersebut. Sekarang perpustakaan tersebut sudah masuk lima besar kluster Sumatera, bersaing dengan pustaka dari Lampung, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

"Kita optimis dengan ... Baca halaman selanjutnya