Pemdes Kolok NanTuo Kucurkan Dana Desa Bangun Pondok Al-Quran

"Pondok Al-Quran akan dibangun dengan dana Rp25.696.000 juta."
Pemdes Kolok Nan Tuo Bersama Unsur Masyarakat Mengadakan Rapat Pendirian Pondok Al-Qur'an (KLIKPOSITIF/Haikal)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Desa (Pemdes) Kolok Nan Tuo, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto mendirikan Pondok Al-Qur'an dengan menggunakan Dana Desa yang diluncurkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) tahun 2018.

Pendirian Pondok Al-Qur'an tersebut bertempat di Kantor Desa Kolok Nan Tuo dengan menggunakan dana sebesar Rp25.696.000 juta.

Dana tersebut mencakup honor pelatih yang didatangkan dari luar Kota dan dari Sawahlunto sendiri, konsumsi dan perlengkapan.

"Pendirian Pondok Al-Qur'an merupakan program Pemdes Kolok Nan Tuo untuk mengajari anak-anak yang ingin belajar ilmu Al-Qur'an dan ilmu agama Islam," kata Sekretaris Desa Kolok Nan Tuo, Desti Ronaldi Arifin, Kamis 5 Juli 2018.

Untuk pesertanya Pemdes bekerjasama dengan guru-guru taman pendidikan Al-Qur'an (TPQ) yang ada di Desa. Setidaknya ada 3 TPQ yang ada di Desa Kolok Nan Tuo. Selain belajar Al-Qur'an, peserta juga diajarkan ilmu agama Islam dan peserta nanti diarahkan sesuai potensinya masing-masing.

"Peserta nantinya selain belajar seni Al-Qur'an juga diajarkan kemampuan seperti menjadi imam shalat, khatib, dan mubaligh," katanya.

Muhammad Haikal