Hari Ini, Ratusan JCH Pasbar Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

"Pemeriksaan kesehatan ini digelar guna memastikan kondisi para jamaah sebelum berangkat pada musim haji tahun 2018 ini"
Pemeriksaan kesehatan JCH Pasbar di RSUD Pasbar. (KLIKPOSITIF/Buyung Fajri)

PASBAR, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 288 JCH (jamaah calon haji) asal Pasbar melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Pasbar sejak tanggal 5 Juli hingga 7 Juli 2018. Pemeriksaan kesehatan ini digelar guna memastikan kondisi para jamaah sebelum berangkat pada musim haji tahun 2018 ini.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2T) Dinkes Pasbar, dr. Dian Leonita pada KLIKPOSITIF, Jumat 6 Juli 2018 mengatakan, JCH yang melakukan pemeriksaan terdiri dari 187 orang JCH laki-laki dan 101 JCH perempuan,

"Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan umum, tekanan darah, tes labor, vaksin meningitis dan vaksin influenza," katanya.

Pemeriksaan kesehatan ini sendiri melalui tiga tahapan yang akan dilalui oleh para JCH yang akan diberangkatkan. Tahap pertama dilakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas tempat tinggal masing-masing TCH, kemudian tahap kedua, dilakukan di tingkat Kabupaten yakni di Rumah Sakit Umum Daerah yang sedang berlangsung.

"Baru setelah itu ada tahap terakhir atau tahap ketiga yang digelar di Embarkasi Padang. Jadi, yang tidak lolos ya tidak bisa ikut karena memang seperti itu prosedurnya," tutur dr. Dian.

Dia menyebut, 288 JCH asal Pasbar tersebut berada dalam kondisi kesehatan yang sehat, karena sebelumnya juga sudah dilakukan medical check up di tempat tinggal masing-masing. Selain itu, dalam peraturan bupati disebut jika pemeriksaan kesehatan ini dikenai biaya Rp45 ribu per JCH.

Dia menganjurkan, para JCH untuk melakukan olahraga rutin karena ibadah haji membutuhkan fisik yang kuat. Ditambah dengan memperbanyak asupan air putih, makan buah dan sayur. "Jika ada keluhan penyakit, jangan sungkan untuk kontrol ke Puskesmas terdekat," tutupnya.

Sesuai rencana, pemberangkatan JCH asal Pasbar yang tergabung dalam Kloter 16 akan masuk ke Asrama Haji pada tanggal 2 Agustus 2018 mendatang. Dari data yang diperoleh, JCH tertua asal Pasbar diketahui berumur 90 tahun dan ... Baca halaman selanjutnya