Tim Siber Bareskrim Tangkap Pemuda 18 Tahun Peretas Situs Bawaslu

"tampilan Bawaslu yang dirubah oleh DS alias Mister Cakil itu yakni, memodifikasi dengan tampilan gambar kartun"
ilustrasi (internet)

KLIKPOSITIF -- Direktorat Siber Bareskrim Polri menangkap pelaku peretas situs Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berinisial DS di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (30/6). Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Pol Asep Safrudin mengatakan, pelaku DS yang masih berusia 18 tahun merubah tampilan situs Bawaslu.

"Tersangka melakukan perubahan tampilan situs Bawaslu. Berdasarkan hasil digital kami, tersangka DS atau Mister Cakil," kata Asep di Bareskrim Polri di Cideng, Jakarta Pusat, Jumat (6/7) dilansir suara.com, jaringan Klikpositif.

Asep menuturkan, tampilan Bawaslu yang dirubah oleh DS alias Mister Cakil itu yakni, memodifikasi dengan tampilan gambar kartun. "Tampilan yang dimodifikasi gambar kartun dengan tulisan zaman dulu korupsi hal yang memalukan tapi sekarang menjadi kesempatan yang dicita-citakan," ujar Asep.

DS juga melakukan peretasan terhadap ratusan situs dalam negeri maupun luar negeri. Ratusan situs yang diretas itu berasal dari kelembagaan pendidikan maupun akun media sosial. "Di Pulau Jawa, ada situs lembaga pendidikan dan media online yang diretas," katanya.

Adapun barang bukti yang diamankan yakni perangkat alat elektronik. Kemudian akun Mister Cakil milik tersangka di media sosial Facebook. Kemudian, satu buah ponsel dan SIM.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 46 ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) Jo pasal 30 ayat (1), ayat (2) dan atau ayat (3) dan atau pasal 48 ayat (1) Jo pasal 32 ayat (1) dan atau pasal 49 Jo pasal 33 UU nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan atau pasal 50 Jo pasal 22 huruf b UU nomor 36 tahun 1999 tentang telekomunikasi. (*)