Asian Games 2018 Bisa Dikatakan Sukses Jika..

"Ada tiga poin penting indikator kesuksesan pelaksanaan"
Ilustrasi (Dok.Klikpositif)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Asian Games 2018 sebentar lagi akan dimulai, kurang lebih sebulan lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan ajang olahraga terbesar di Asia tersebut.

Dihelat di Jakarta dan Palembang, pemerintah tentu berharap ajang itu berjalan dengan sukses, seiring dengan persiapan yang sejauh ini telah dilaksanakan.

Namun untuk memberikan penilaian kesuksesan sebuah kompetisi olahraga bukan persoalan mudah, hal itu membutuhkan kajian.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra mengungkapkan ada tiga poin penting indikator kesuksesan pelaksanaan Asian Games 2018.

Poin pertama, kata Sutan, adalah pembangunan infrastruktur yang menjadi bagian investasi Indonesia.

Ia mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang mampu mengerjakan pembangunan infrastruktur penunjang Asian Games 2018 sesuai jadwal.

"Kami optimistis target penyelesaian pada Juli ini dapat tercapai. Mungkin ada satu-dua yang masih harus diperbaiki tapi Insya Allah semua akan dapat diselesaikan, baik di Jakarta maupun Palembang," katanya.

Meski berjalan sesuai jadwal, namun politisi Partai Gerindra itu memberikan sejumlah catatan.

Ia mengakui pembangunan sarana dan prasarana atau venue tidak dari nol, seperti pada penyelenggaraan Asian Games pertama oleh Indonesia pada tahun 1962.

Namun, kali ini pembangunan infrastrukturnya memerlukan penyesuaian teknologi.

"Penyesuaian teknologi pada itu salah satunya terkait sistem keamanan yang lebih modern ataupun penunjang kenyamanan atlet dan penonton," tutur dia.

Kemudian peningkatan kualitas lampu di stadion dan kursi penonton. Stadion itu, mungkin saat dibuat dan perbaikannya, biayanya hampir sama karena modernisasi.

Poin kedua yakni pelayanan kepada pengunjung, atlet, dan official yang yang datang selama masa pertandingan Asian ... Baca halaman selanjutnya