Pasca Banjir, Warga dan Relawan Gotong Royong Bersihkan Rumah

"Warga korban banjir mengeluhkan peralatan elektroniknya yang terendam"
Warga dan TNI gotong royong bersihkan bangunan dari material yang dibawa banjir (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Banjir yang melanda Nagari Langki, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung sudah surut. Namun meninggalkan sampah dan puing-puing yang berserakan.

Dari informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF, relawan PMI bersama BPBD Kabupaten Sijunjung, personel TNI-POLRI, dan warga membersihkan sampah dan puing-puing rumah yang diterjang oleh banjir.

Berbekal peralatan pertukangan tim gabungan bahu membahu melepaskan paku dari puing-puing agar mudah untuk diangkat.

"PMI menurunkan 5 orang relawan ke lapangan untuk membantu membersihkan sampah dan puing-puing sisa banjir,"  kata relawan PMI Sijunjung Febri Wahyudi, Sabtu 7 Juli 2018.

Febry Wahyudi melanjutkan PMI Sijunjung, BPBD Kabupaten Sijunjung, personel Kodim 0310/SS, jajaran Polsek Tanjung Gadang membersihkan fasilitas umum yang rusak parah diterjang banjir.

"Dari air surut kemarin warga sudah mulai membersihkan rumahnya masing-masing. Tadi kami tim gabungan membersihkan pasar," tambahnya.

"Kondisi saat ini bantuan logistik sudah datang terutama dari BPBD Kabupaten Sijunjung," sambungnya.

Sementara itu, air bersih untuk kebutuhan warga aman dan aliran listrik saat ini menyala. 

Masih kata Febry, warga korban banjir mengeluhkan peralatan elektroniknya yang terendam. 

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Sijunjung Hardiwan mengatakan banjir menerjang rumah warga pada Jumat 6 Juli 2018, pada pukul 07.00 WIB dan sudah surut kembali pada pukul 09.30 WIB.

"Banjir yang merendam rumah warga terjadi pada pagi hari dan pada pagi hari itu juga warga sudah bisa menempati rumahnya kembali, walaupun ada sebagian yang rusak," kata Hardiwan. 

Terpisah, Dandim 0310/SS Letkol Inf. Irvan Yusri mengatakan Kodim 0310/SS telah menerjunkan anggota di lokasi sejak banjir menerjang Nagari Langki.

[Muhammad Haikal]