Sampah Berserakan di RSUD Mentawai. Begini Kata Bupati

"Yudas menginstruksikan kepada direktur rumah sakit agar dapat bersikap tegas terutama kepada para staf rumah sakit yang malas dan lalai dalam bekerja"
Rumah Sakit Umum Tuapejat di jalan Raya Tuapejat  KM 9 Sipora Utara  (Humas Pemkab Mentawai)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF - Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet mengungkapkan kekesalannya saat melakukan inspeksi mendadak  (Sidak) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tuapejat. Pada saat sidak, didapati keadaan rumah sakit yang terkesan kumuh, sampah berserakan dan rumput di halaman rumah sakit sudah tumbuh tinggi. 

"Saya sengaja datang kesini untuk mengecek RSUD ini dalam konteks untuk mempertahankan akreditasi rumah sakit ini, tapi lihat kondisi kebersihan disini sungguh memprihatinkan, " kata Yudas saat melakukan sidak di RSUD Tuapejat Senin, (2/7).

Menurut Yudas, RSUD Tuapejat sebagai rumah sakit yang telah terakreditasi D dan sebagai sarana kesehatan, seharusnya dijaga kebersihannya, sehingga bisa memberi rasa nyaman  bagi pasien dan pengunjung. 

"Akreditasi rumah sakit ini harus dipertahankan, jangan sampai karena masalah kebersihan akreditasi yang sudah kita pegang jadi turun atau dicabut kembali, " ujar Yudas

Pada saat sidak itu, Yudas menginstruksikan  kepada direktur rumah sakit agar dapat bersikap tegas terutama kepada para staf rumah sakit yang malas dan lalai dalam bekerja. 

"Tegur dan beri sanksi tegas kepada staf yang lalai, ini hanya menjaga kebersihan tidak mampu, rumput sudah tinggi, sampah berserakkan, jadi apa kerja kalian, " ungkap kekesalan Yudas.

Yudas mempertanyakan bagaimana rumah sakit bisa berkualitas bila para pengelolanya dan SDM didalamnya belum menunjukkan  kualitas yang profesional.

Yudas berharap, kepada manejemen rumah sakit segera melakukan pembenahan, melakukan pengaturan sistem kerja yang lebih baik.

"Ini sebagai cambuk bagi semuanya, di bidang kebersihan masih kurang baik, lain waktu saya akan melihat sisi administrasinya, kualitas pelayanan atau pengobatannya seperti apa dan bagaimana, itu perlu selalu dikontrol," pangkas Yudas. [dio]