Belum Ada Bacaleg yang Mendaftar, KPU Pessel Lakukan Simulasi

"Sebagian besar bakal calon masih mengurus syarat administratif calon"
KPU Pessel (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan menggelar simulasi penerimaan pengajuan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari partai politik (parpol), Senin 9 Juli 2018.

Hal tersebut dilakukan, guna memanfaatkan waktu yang kosong terkait belum adanya parpol yang mengajukan calon, sejak dibuka pendaftaran pada tanggal 4 Juli 2018 yang lalu.

"Setelah 6 hari berjalan, belum satupun parpol yang mendaftarkan bakal calonnya. Hasil komunikasi dengan para pimpinan parpol, sebagian besar bakal calon masih mengurus syarat administratif calon," sebut Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar pada KLIKPOSITIF.

Belum adanya parpol yang mengajukan calon membuat KPU Pessel bersama Bawaslu Pessel menggelar rapat koordinasi dan melakukan simulasi penerimaan pengajuan calon dari Parpol.

"Memanfaatkan waktu yang ada, kita sama Bawaslu melakukan rapat koordinasi serta melakukan simulasi pengajuan calon dari parpol," sebutnya.

Sementara itu, untuk Selasa 10 Juli 2018 besok, Epaldi masih enggan untuk berkomentar. Sebab, sudah memasuki hari ke enam pendafatran belum ada satupun partai yang mengonfirmasi akan mendaftarkan calon.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Pesisir Selatan, Yani Rahmasari meminta semua tahapan pencalonan anggota DPRD Pesisir Selatan bisa berjalan tertib dan lancar sesuai jadwal dan aturan yang berlaku. 

"Bersama teman-teman KPU, kami berharap semua terlaksana sesuai prosedur yang ada. Kami dari pihak pengawas akan terus memantau tahap pencalon sesuai aturan," sebutnya.

[Kiki Julnasri]