Bos Tesla Buat Kapal Selam untuk Evakuasi Anggota Tim Sepakbola Thailand

"Musk juga telah datang ke Thailand dan mengunjungi gua tempat para remaja itu terjebak"
Kapal selam mini buatan Elon Musk (net)

KLIKPOSITIF-Bos Tesla dan SpaceX Elon Musk ikut prihatin dengan peristiwa terjabaknya anggota sepakbola remaja Thailand di sebuah gua. Proses penyelamatan anak-anak ini sangat sulit dan juga telah menelan korban jiwa dari tim penyelamat.

Musk dan timnya menciptakan sebuah kapal selam mini untuk membantu proses penyelamatan. Musk bahkan pergi ke Thailand dan mendatangi gua tempat para remaja itu terjebak.

"Kapan selam mini sudah siap jika diperlukan. Ia terbuat dari komponen-komponen roket dan dinamai Wild Boar, sesuai nama tim sepak bola anak-anak itu," begitu cuitan Musk di akun Twitter-nya.

Musk juga mengunggah sebuah video yang menunjukkan cara kerja kapal selam itu dalam sebuah simulasi di dalam kolam renang di Amerika Serikat. Kapal selam mini Elon Musk itu berbobot 40 kilogram dengan diameter adalah 31 sentimeter.

Kapal selam mini itu bisa dikendalikan oleh dua penyelam dan dapat menembus jalur sempit g ua. Ia dibekali tabung oksigen dan dilapisi material antigesek.

Tim sepakbola beranggotakan 13 orang anak terjebak di di Gua Tham Luang Nang Non, di Thailand Utara sejak 23 Juni lalu. Sejauh ini, delapan orang telah berhasil dikeluarkan dari dalam gua. Mereka kini sudah dilarikan ke rumah sakit di Chiang Rai. Kini masih ada empat orang anak dan seorang pelatih yang masih terjebak di dalam gua.